Meningkat Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Meronce Huruf.

Kegiatan Meronce Huruf di TK PKK Taman Asri, Lampung Timur - Lampung.

RadarJateng.com, Pendidikan Menurut Seefelt dan Wasik dalam jurnal yang ditulis oleh Ratnasari (2017) bahwa pengertian kemampuan mengenal huruf ialah kemampuan melakukan sesuatu dengan mengenali tanda-tanda/ciri- ciri dari tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Langkah dalam pengenalan huruf kepada anak usia dini yaitu seperti menyebutkan,menunjuk, menghubungkan huruf dengan gambar.

Menurut Lenneberg dalam jurnal yang ditulis oleh Fazriah, dkk., (2021) mengatakan bahwa bahasa merupakan pengetahuan awal yang didapatkan secara biologis. Biologis ialah lingkungan sekitar. Jadi pengetahuan bahasa anak diperoleh dari lingkungan sekitar yang dekat dengan anak. Sedangkan menurut (Harun Rasyid, 2009: 134) menyebutkan bahwa dalam kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun dapat membedakan, mengenal, melaksanakan tiga perintah, menyebutkan dan lain sebagainya yang terdiri dari 6 sampai 10 kata.

Kemampuan anak dalam mengenal huruf ini penting karena memberikan pengetahuan awal anak untuk mengenal huruf sehingga dapat mempersiapkan anak dalam memperoleh keterampilan membaca dan menulis. Mengenalkan anak pada huruf ini adalah bagian integral dari kemampuan literasi awal anak usia dini. Dukungan yang tepat dari orang tua dan pendidik membantu anak-anak dalam mengenal huruf.

Read More

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk membantu anak mengenal huruf. Contohnya dapat menggunakan kegiatan meronce huruf. Meronce adalah merupakan cara pembuatan benda hias atau benda pakai yang dilakukan dengan menyusun bagian-bagian bahan berlubang atau sengaja dilubangi memakai bantuan benang, tali dan sejenisnya.

Antusias AnakAnak Mengikuti Kegiatan Meronce hUruf.

Kegiatan meronce dapat digunakan untuk mengenalkan huruf kepada anak. Untuk melakukan kegiatan meronce huruf ini kita dapat membuatnya sendiri dari berbagai bahan yang ada disekitar kita, seperti kardus dan tutup botol. Berikut ini adalah alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat roncean dari kardus bekas :

  1. Kardus bekas
  2. Spidol
  3. Gunting
  4. Double Tape
  5. Sedotan
  6. Kertas origami/asturo
  7. Benang kasur
  8. Lidi

Cara membuat :

  1. Buat pola bentuk lingkaran atau bentuk apapun yang diinginkan diatas kardus bekas menggunakan spidol.
  2. Potong pola terssebut menggunakan gunting.
  3. Beri hiasan dipermukaan kardus menggunakan kertas origami/ asturo berbagai warna
  4. Tulis berbagai huruf dipermukaan kardus yang sudah ditempel menggunakan kertas origami/asturo
  5. Beri double tape pada bagian belakang kardus
  6. Tempel sedotan pada double tape yang sudah ditempel dibagian belakang kardus
  7. Tali lidi disetiap ujung benang kasur
  8. Permainan meronce huruf siap dimainkan.

Permainan meronce huruf ini selain bermanfaat untuk mengenalkan huruf kepada anak, juga bermanfaat untuk melatih motorik halus anak terutama keterampilan jari-jari tangannya. Semakin terampil anak menggunakan jemarinya maka manfaatnya akan semakin baik terutama saat ia masuk sekolah nantinya. Saat anak harus menulis serta melakukan kegiatan lainnya. Permainan ini juga berguna untuk melatih konsentrasi serta ketelatenan anak. memasukkan satu per satu ronce ke dalam seutas benang memang memerlukan konsentrasi dan ketelatenan.

Penulis, Isti Rumiyati, S.Pd.AUD Guru TK PKK Taman Asri, Lampung Timur – Lampung.

Related posts