Beberapa Manfaat Melipat Untuk Anak Usia Dini.

Foto : Kegiatan Melipat Anak PAUD

RadarJateng.com, PendidikanPendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun(0-6 tahun) yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Perkembangan merupakan suatu perubahan ini tidak bersifat kuantitatif, melainkan kualitatif. Perkembangan tidak ditekankan pada segi material, melainkan pada fungsional . Khususnya anak usia dini masa yang paling optimal untuk berkembang pada masa ini anak mempunyai rasa ingin tahu besar dan melakukan apapun untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Selain itu secara naluriah mereka aktif bergerak, mereka akan menuju kemana saja dengan minat dan kemaunnya.

Menurut Mursid, origami bias menjadi kerjinan tangan yang menyenangkan untuk anak-anak, terutama jika model origami yang dibuat sesuai dengan umur mereka. Anak-anak tidak hanya mendapatkan kepuasan dan kebanggan tersendiri ketika mereka menyelesaikan origaminya, Namun mereka juga belajar bagaimana mengikuti instruksi, mengembangkanm keterampilan tangan, dan menghasilkan kreasi yang apik. Origami bias dibuat bermacam-macam, mulai dari buahan,hewan dan bunga.

Read More
Foto : Hasil Melipat Anak PAUD

Seni melipat kertas atau origami, merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk dapat merangsang kreativitas serta membangun daya pikir anak.

Berikut beberapa manfaat melipat untuk anak usia dini :

Pertama, dengan terampil melipat kertas, maka motorik halus akan berkembang dengan baik. Jari-jari anak akan terampil dalam melakukan berbagai gerakan melipat.

Kedua, dalam melipat kertas, anak-anak akan diajari tentang komposisi, yaitu kemampun mengatur ruang, jarak, dan ketepatan. Ini jelas akan mengembangkan kecerdasan anak. Anak yang terampil dalam melipat kertas, pasti memiliki kemampuan kognitif yang baik.

Ketiga, mengembangkan kesenangan. Kita harus akui salah satu kegiatan bermain yang abadi, selalu dilakukan oleh anak dalam lintasan generasi, dan tanpa berubah. Kebanyakan anak pernah merasakan bermain dengan melipat kertas, dan mereka senang dengan kegiatan bermain ini. Di sinilah, kegiatan bermain melipat kertas selalu mengembangkan rasa senang dan gembira anak.

Keempat, dalam kegiatan bermain melipat kertas, biasanya anak akan bermain kertas di lapangan. Permainan pun akan melibatkan gerak secara aktif. Ini akan membuat anggota tubuh anak-anak bergerak, sehingga menyehatkan anak. Jadi bermain melipat kertas itu menyehatkan.

Penulis : Martati,S.Pd, TK Ibtigha Mardhatillah Jorong Tampat, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat.

Related posts