Ide Pembelajaran Anak PAUD Dengan Tema Binatang Ayam.

Foto : Anak Sedang Membuat Kolase Dari Cangkang Telur Ayam

RadarJateng.com, Pendidikan – Tenaga guru menjadi sangat penting dalam mengantarkan generasi muda untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kompetitif sehingga mampu mewujudkan suatu kesejahteraan bersama. Sesuai dengan berlakunya Permendikbud No.146 Tahun 2014 di Indonesia, guru PAUD khususnya guru Taman Kanak-kanak harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran. Kompetensi ini diperlukan karena dalam buku guru sudah tersedia panduan untuk mengajar sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Selain itu, dalam buku siswa juga disediakan apa yang harus dilakukan oleh siswa. Untuk memperkuat itu semua, maka seorang guru harus mampu mengembangkannya disesuaikan dengan karakteristik siswanya.

Kompetensi guru mengembangkan perangkat pembelajaran bukanlah perkara yang mudah karena mengubah mindset guru yang hanya menggunakan perangkat pembelajaran menjadi guru yang harus mengembangkan perangkat pembelajarannya sendiri. Belum lagi, adanya perubahan kurikulum dimana semua guru harus mengubah cara mengajarnya dari yang berpusat pada guru (teacher centers) berubah menjadi berpusat pada anak didik (student centers) berbasis tematik dengan pendekatan sentra (bermain sambil belajar) dan juga harus menanamkan nilai karakter dalam setiap proses aktivitas bermain sambil belajarnya.

Foto : Hasil Kolase Dari Cangkang Telur Ayam

Guru diharapkan untuk memiliki kompetensi baik secara profesional dan personal. Kompetensi profesional meliputi akademik dan pedagogik. Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan, dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Berkenaan dengan bidang pendidikan, tuntutan terhadap kemampuan memberikan layanan yang lebih profesional, khususnya bagi pendidikan anak usia dini semakin memiliki arti penting.

Read More

Terlebih disadari bahwa perkembangan anak berbeda-beda, baik dalam intelegensi, bakat, minat, kreativitas, kreativitas kematangan emosi, kepribadian, keadaan jasmani dan keadaan sosial. Terkait dengan itu ada yang cepat mengerti, ada yang lambat. Hal ini semua membutuhkan pengetahuan dan keterampilan guru untuk dapat memahami dan membimbing mereka sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Perbedaan dalam perkembangan anak ini menjadikan kompetensi bagi seorang guru Pendidikan Anak Usia Dini menjadi sangat penting dan istimewa, karena akan menentukan bagaimana perkembangan anak ke depannya nanti.seorang guru harus mempunyai wawasan atau bidang keilmuan yang lebih tinggi daripada peserta didiknya, sehingga guru dapat menanamkan hal-hal yang belum diketahui oleh muridnya yang pada akhirnya 4 hakikat belajar yang pada awalnya belum mengetahui menjadi mengetahui.

Foto : Proses Membuat Maket Kandang Ayam

Untuk menunjang semua kegiatan tersebut diperlukan sebuah perangkat pembelajaran yang menunjang ke enam aspek perkembangan anak. Salah satunya pembelajaran tema ayam. Dalam kegiatan tema ayam tersebut maka harus mencakup ke enam perkembangan.

Foto : Hasil Karya Maket Kandang Ayam

Ide Pembelajaran Anak PAUD Dengan Tema Binatang Ayam. Contohnya, untuk perkembangan nilai moral dan agama anak dikenalkan bahwa ayam adalah ciptaan Tuhan, perkembangan sosial emosional anak dikenalkan dengan memberi makan ayam, untuk kegiatan seni anak membuat maket kandang ayam, kegiatan motorik anak membuat kolase dengan cangkang telur ayam, kegiatan kognitifnya menghitung jumlah ayam dan untuk bahasanya mendengarkan cerita tentang ayam.

Semua kegiatan yang terencana dalam sebuah rencana pembelajaran akan dapat mengembangkan ke enam aspek perkembangan anak, sehingga semua perkembangan dapat berkembang dan terstimulasi secara optimal.

Penulis : Asmi Masni Sukmawanti, S.Pd, TKIT BINA AULADIA 1 Cikarang Utara Bekasi Jawa Barat.

Related posts