Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak

Hasil Karya Anak Tk Dwp Tenaru Driyorejo Gresik Menggunakan Media Bahan Alam

RadarJateng.com, Pendidikan Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu jenjang Pendidikan anak usia dini yang bersifat formal. Dunia TK penuh dengan warna dan anak-anak sangat menyukai warna yang cerah. Ketika memasuki usia pra sekolah, saat mewarnai gambar juga menggunakan warna yang cerah, seperti merah, kuning, biru,dll. Padahal di dunia ini tidak hanya warna tersebut, tetapi ratusan warna bahkan ribuan warna.

Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang harus dikembangkan.Di dalam kurikulum terdapat enam aspek perkembangan di antaranya : ni;ai agama dan moral, fisik motoric, social emosional, kognitif, Bahasa dan seni. Salah satu yang harus dikembangkan adalah perkembangan motoric halus anak.

Menurut pendapat Sujiono (2008 : 1.14) motoric halus adalah Gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan Gerakan tangan yang tepat. Contoh kegiatan motoric halus adalah menulis, melipat, menggambar, mewarnai, dll. Kegiatan mewarnai bisa dilakukan menggunakan berbagai macam media seperti krayon, spidol, pensil warna, pewarna makanan, atau bahan alam.

Read More

Menurut Sumanto 2005 mewarnai adalah proses memberi warna pada suatu media. Mewarnai gambar merupakan terapi permainan yang kreatif untuk mengurangi kecemasan serta meningkatkan komunikasi pada anak.

anakanak memanfaatkan media bahan alam untuk belajar

Agar dapat mewarnai sebuah gambar dengan baik dan rapi, kita harus mengenal alat mewarnai yang akan digunakan sehingga kita tahu alat mewarnai mana yang tepat. Pada kesempatan ini kita akan belajar mewarnai gambar menggunakan bahan alam yaitu kunyit dan daun bayam.

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn.syn. Curcuma domestica Val.), adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Selain sebagai obat dan jamu kunyit juga bisa digunakan sebagai media pewarna alami.

Bayam (Amaranthus spp. ) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau dan kaya sumber zat besi. Ternyata bayam bisa dimanfaatkan untuk media pewarna alami.

Media kunyit dan bayam bisa membantu mengembangkan motoric halus anak, karena dapat meningkatkann kreativitas anak, memberikan warna yang cerah dan menarik untuk belajar dan mudah didapat.

Bayam & Kunyit Sebagai Media Alam

Keanekaragaman bahan yang disediakan oleh pendidik dapat mempengaruhi perkembangan kreativitas dan motoric halus anak. Bahan yang beraneka ragam dapat memberi semangat pada anak dan mencegah rasa bosan yang dialami anak.

Media kunyit dan daun bayam sangat mudah penggunaannya dalam mewarnai , dengan cara membuat pola gambar kemudian kupas kulit kunyit sedikit selanjutnya ratakan kunyit dengan cara diputar-putar pada gambar bunga , setelah rata ambil daun bayam lalu lipat daunnya sampai kecil selanjutnya ratakan pada gambar daun dan batang.

Penulis : Suyatiningsih, S.Pd , Guru TK DWP Tenaru Driyorejo Gresik – Jatim

Related posts