Pengembangan Kemampuan Seni Melalui Kegiatan Kolase Serbuk Gergaji Pada Anak Usia Dini.

Kegiatan Kolase Serbuk Gergaji di TK Adinda, Kec. Megaluh Kab. Jombang - Jawa Timur

RadarJateng.com,Pendidikan-Pada anak usia dini pemenuhan kebutuhan anak untuk berekspresi itu mendapat bimbingan dan pembinaan secara sistematis dan berencana agar kesempatan berekspresi yang diberikan kepada anak benar-benar mempunyai arti dan bermanfaat baginya.Jika mulai sejak dini anak diberikan bimbingan dan pembinaan yang sebaik-baiknya untuk mengekspresikan dirinya secara kreatif dan menghayati emosi yang bergejolak dalam dirinya, maka daya fantasi atau imajinasi, daya kreasi dan perasaan estetis, anak memperoleh rangsangan untuk berkembang dengan anak. Setiap anak mempunyai keinginan untuk menciptakan  sesuatu.  Hasrat  dan  kemampuan  yang  ada dirangsang  dan dibina sehingga memperoleh kesanggupan untuk menciptakan sesuatu dan merasa puas akan hasil ciptaannya. Rasa puas akan hasil ini merupakan dorongan bagi anak untuk ingin selalu menciptakan sesuatu yang baru yang mendorong anak menjadi lebih kreatif.

Menurut Ki Hajar Dewantara (dalam Susanto 2002: 101) bahwa seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia. Sedangkan menurut Rondhi (2002: 4), seni atau kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia atau masyarakat terhadap nilai-nilai keindahan. Berdasarkan kedua pernyataan tersebut ada kesamaan bahwa seni berkaitan dengan manusia dan keindahan. Manusia hidup di dalam suatu masyarakat yang memiliki kebudayaan. Kebudayaan merupakan hasil ciptaan manusia yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui proses belajar. Keberadaan seni seiring dengan lahirnya sebuah kebudayaan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa suatu karya seni tercipta dari sebuah konsep. Konsep merupakan suatu pemikiran mendalam untuk menciptakan sebuah karya seni. Berdasarkan hal tersebut dapat ditentukan bahan, alat, dan teknik yang akan digunakan untuk membuat karya seni. Bahan adalah material yang diolah sehingga menjadi barang yang kemudian disebut dengan karya seni. Bahan dapat berasal dari alam misalnya batu, kayu, pasir, dan zat warna dari tumbuh-tumbuhan. Selain itu, ada bahan material yang berasal dari olahan manusia misalnya kertas, serbuk gergaji, kain, cat minyak, dan cat air.

Read More

Pada kegiatan meningkatkan kemampuan seni anak usia dini. Dalam Peneliti ingin meneliti tentang seni  yang disebut kolase. Kolase merupakan teknik dalam berkarya seni dengan cara menempel bahan pada bidang datar. Berkarya kolase yang dimaksud adalah berkarya dengan menggunakan bahan serbuk gergaji. Karakteristik serbuk gergaji ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu karya seni yang unik, salah satunya adalah berkarya seni rupa dengan menggunakan teknik kolase.Salah satu upaya pemilihan media berkarya seni dapat dilakukan melalui pengembangan dari pembelajaran seni dengan teknik kolase dengan memanfaatkan barang limbah serbuk gergaji sebagai bahan berkarya seni.

Antusias anakanak belajar menggunakan media serbuk gergaji.

Bermodalkan keterampilan dan kreativitas, limbah tersebut dapat digunakan sebagai bahan atau media dalam berkarya seni. Dengan memanfaatkan kembali limbah yang sudah tidak terpakai lagi, secara tidak langsung sudah menunjukkan kepedulian untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Alternatif pemanfaatan limbah yang dimaksud di sini adalah limbah yang digunakan sebagai media berkarya yang tidak mahal, mudah diperoleh, sehingga semua kalangan ekonomi orang tua siswa sanggup untuk mendapatkannya. Selain itu, media tersebut dapat menghasilkan karya yang unik dan menarik dan dapat menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif.

Kegiatan kolase di TK Adinda Megaluh Jombang diawali dengan penyiapan bahan dan alat pembelajaran berupa serbuk gergaji, lem kertas, pola gambar, piring-piring plastik.

Adapun langkah-langkah dalam menyiapkan media pembelaajaran kolase menggunakan serbuk gergaji adalah sebagai berikut  :

  1. Siapkan serbuk gergaji yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan kolase menjadi beberapa bagian dengan cara menempatkannya dalam piring-piring plastik;
  2. Siapkan pola gambar yang digunakan untuk media kolase
  3. Bagikan serbuk gergaji dan lem kertas pada anak, anak di bagi menjadi lima
  4. Bagikan pola gambar pada setiap anak.

Setelah menyiapkan media, guru menerangkan cara/langkah-langkah dalam pembuatan kolase menggunakan serbuk gergaji. Kemudian anak mempraktekkan membuat kolase menggunakan serbuk gergaji dengan baik.

Adapun langkah-langkah pembuatan kolase menggunakan serbuk gergaji adalah sebagai berikut  :

  1. Berilah lem kertas pada pola gambar;
  2. Tempelkan/taburkan serbuk gergaji tersebut pada pola gambar yang telah diberi lem kertas sesuai dengan bentuk dan penempatan warna yang dikehendaki;
  3. Kemudian hasil kolase tersebut keringkan di tempat terbuka;

Hasilnya anak dapat melakukan kegiatan kolase menggunakan serbuk gergaji dengan baik dan kreatif. Sehingga tujuan pembelajaran pengembangan seni melalui kegiatan kolase menggunakan serbuk gergaji tercapai.

Penulis, Lelly Qurota Aini Fatimah, S.Pd Guru TK Adinda Kec. Megaluh, Kab. Jombang – Jawa Timur

Related posts