Mengenal Angka Melalui Berbagai Media Dapat Meningkatkan Minat Belajar Anak PAUD.

Mengenal Angka Melalui Berbagai Media Dapat Meningkatkan Minat Belajar Anak PAUD

RadarJateng.com, Pendidikan Ayo mengenal angka. Angka adalah suatu tanda atau lambang yang digunakan untuk melambangkan bilangan. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang penting dalam proses perkembangan anak. Perkembangan anak itu lebih banyak terjadi pada saat usia dini (Slamet Suyanto, 2005: 7) yaitu masa usia dini disebut sebagai masa golden age, pertumbuhan dan perkembangan fisik, motorik, sosial-emosional, kognitif, moral, dan bahasa terjadi begitu pesat, karena itulah diperlukan stimulasi yang tepat dan diberikan sejak usia dini.

Salah satu aspek perkembangan yang perlu dikembangkan adalah kognitif, suatu proses berpikir yaitu berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Menurut Piaget Slamet Suyanto, 2005: 53), perkembangan kognitif anak pada umumnya memiliki fase (tahapan) yang sama yaitu melalui empat tahap dimulai dari tahap sensori motor, praoperasional, konkret operasional, dan formal operasional. Anak TK pada berada dalam tahap pra operasional, anak diberi pengalaman yang konkret dirasakan langsung oleh anak. Menurut Bruner (Slamet Suyanto, 2005: 53), sebaiknya anak yang sedang belajar angka dimulai dari benda yang nyata sebelum anak mengenal angka.

Anak dapat belajar dengan tahapan enaktif yaitu dengan benda konkret, ikonik dengan gambar dan simbolik dengan kata atau simbol. Dinyatakan dalam Permendiknas Nomor 58 Tahun 2010, anak usia 4-5 tahun atau Kelompok A, sudah mampu mengetahui konsep banyak sedikit, membilang banyak benda 1-10, mampu mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan, dan mengenal lambang huruf.

Read More
Mengenal Angka Melalui Berbagai Media Dapat Meningkatkan Minat Belajar Anak PAUD

Cara mengenalkan angka 1-10 sebagai lambang banyaknya benda dengan media benda benda alam adalah:

  1. Anak belajar berhitung 1-10 dengan mempergunakan berbagai media alam seperti daun, batu, biji dan kerang,
  2. Anak belajar mengenal angka 1-10 dengan mempergunakan angka yang dipersiapkan guru,
  3. Anak belajar menulis angka 1-10 di udara dengan menirukan gerakan yang guru ajarkan,
  4. Anak belajar menebalkan angka pada lembar LKA yang dipersiapkan,
  5. Anak melengkapi untuk menulis angka pada lembar LKA yang juga sudah dipersiapkan oleh guru.

Media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka sebagai lambang banyaknyanya benda lebih efektif dengan menggunakan benda alam yang jarang anak lihat seperti ampas kelapa (yang sudah dikeringkan dan diwarnai), batu putih, biji-bijian, bunga, dan daun. Karena benda-benda tersebut bagi anak menarik dan nyata untuk digunakan ketika bermain.

Kegitan ini selain dapat meningkatkan kemampuan kognitif juga dapat mengembangkan motoric halus pada anak, kreativitas yang muncul dengan memadukan bahan yang telah disediakan  serta kemandiriian anak dalam menyelesaikan tugasnya. Kegiatan mengenal angka dengan menggunakan benda-benda alam yang telah dilakukan oleh anak-anak kelompok B PAUD Terpadu Kasih Sayang dapat disimpilkan bahwa minat anak semakin meningkat dalam kegiatan menganal angka. Anak berantusias dalam mengerjakan kegiatan ini dengan mencoba berbagai macam bahan alam yang disediakan oleh guru. Dan ketika anak dapat menyelesaikan tugasnya anak merasa bangga dengan hasil karyanya sendiri..

  1. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, dapat memanfaatkan benda alam disekitar anak yaitu benda yang menarik, dan lebih utama lagi belum pernah dilihat anak.
  2. Guru sebaiknya tidak sering mempergunakan majalah sebagai sarana pembelajaran karena membuat anak jenuh sehingga tidak tertarik.
  3. Bagi anak lebih baik difasilitasi media bermain berupa benda konkret sehingga anak dapat mengingat pembelajaran yang didapat.
  4. Bagi guru perlu memodifikasi dalam mensetting kegiatan kelas sehingga anak memiliki ketertarikan dan rasa ingin tahu untuk belajar.

Semoga bermanfaat !

Selamat mencoba ….

Penulis : Yani Maryani , S.Pd Guru PAUD Terpadu Kasih Sayang Bumi Mekar Jaya , Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu

Related posts