Bermain Lego Dan Balok Untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini.

Anak - anak bermain lego

RadarJateng.com, Pendidikan Motorik halus adalah kemampuan anak dalam melakukan gerakan-gerakan ringan dan tugas sehari-hari. Motorik halus dibutuhkan untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan otot halus atau intrinsik pada tangan. Otot-otot tersebut berperan penting dalam kegiatan yang berhubungan dengan tangan dan jari. Perkembangan motorik halus pada anak ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui berbagai kegiatan yang dapat memberikan rangsangan dan dilakukan rutin secara berkesinambungan.

Beberapa kegiatan atau permainan yang dapat dilakukan untuk melatih motorik halus anak antara lain adalah:

  • Bermain gelang karet
  • Bermain dengan kertas
  • Bermain dengan lilin
  • Mengajari anak makan dengan sendok
  • Menyusun balok dan puzzle.
  • Bermain lego
  • Menyusun benda-benda membentuk pola yang diinginkan.
Anakanak bermain balok

Beberapa contoh permainannya adalah : 

Read More

Lego adalah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang terkenal di dunia khususnya di kalangan anak-anak atau remaja tidak pandang lelaki ataupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta kepingan lain bisa disusun menjadi model apa saja.

Lego adalah alat permainan konstruktif berupa bongkahan/kepingan yang dapat disusun dengan berbagai macam bentuk dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Mengembangkan fisik motorik halus Dengan anak mengambil, mengangkat, memasang, merekatkan, dan melepas mainan lego, anak dapat melatih koordinasi mata dan tangan dengan cermat

Permainan balok. Balok adalah mainan yang tidak asing lagi, karena saat dulu (1979) sekolah di TK, balok sudah ada dimainkan disekolah.Balok adalah potongan-potongan kayu yang polos (tanpa cat).

Balok adalahsalah satu kegiatan bermain bebas. Yang dimana dalam bermain permainan balok merupakan suatu kegiatan yang bertujuan mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, seperti aspek kognitif, fisik motorik, sosial, dan emosional. Menyusun balok menjadi berbagai bentuk mampu membuat otot-otot halus anak terangsang dengan baik sehingga perkembangan fisik motorik halus anak dapat berkembang dengan baik. Selain mampu melatih perkembangan fisik motorik anak permainan ini juga mampu melatih kreativitas anak .

Demikian informasi yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat.

Penulis : Dede Suhdiyah S.Pd Guru TK Bina Insan Nusantara Puloampel, Serang – Banten

Related posts