Penggunaan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Pada Anak.

Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Pada Anak di TK Percontohan, Serdang Bedagai - Sumatera Utara

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini adalah suatu usaha yang dilakukan untuk anak berumur 0 tahun atau anak sejak lahir sampai anak bermur 8 tahun. Usaha yang dilakukan dengan cara memberikan stimulasi untuk meningkatkan kemampuan, perkembangan serta pertumbuhan anak. Pendidikan anak usia dini sangat penting karena di dalamnya terdapat upaya-upaya guna merangsang berbagai aspek perkembangan anak, yaitu nilai agama dan moral, social emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan seni. Sehingga anak tersebut mempunyai kemauan dan kemampuan untuk siap dan bersedia belajar pada jenjang sekolah dasar (Sudarsana, 2018; Ariyanti, 2016; Sudayanti, 2012). Fadlilah (2012) yang menyebutkan bahwa pada masa usia dini adalah masa bagus memberikan kegiatan yang bermakna dengan tujuan untuk menstimulasi kecerdasan anak usia dini.

Stimulasi yang baik akan berdampak kecerdasan anak bisa berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, kegiatan yang tepat diberikan adalah kegiatan yang memberikan rasa senang untuk anak yaitu kegiatan bermain yang memiliki unsur edukasi bagi anak usia dini. Salah bentuk kegiatan bermain yang melibatkan kemampu kognitif adalah kemampuan mengenal pola dan mengulangi yang satu sama lain tidak bisa terlepas dari aspek perkembangan lainnya, seperti perkembangan fisik motorik. Perkembangan fisik motorik terdiri dari kemampuan motoric kasar dan motorik halus (Pura & Asnawati, 2019).

Kemampuan mengenal pola berkaitan dengan kemampuan motorik anak, yaitu kemampuan menggunakan anggota tubuh/ tangan untuk melakukan gerakan koordinasi mata dan tangan untk melakukan gerakan yang rumit. Kegiatan pembelajaran matematika di PAUD dirancang berdasarkan prinsip bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Bagi anak usia dini bermain merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan dan menyenangkan. Untuk itu bermain harus disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Read More

Dalam kegiatan bermain anak juga belajar berbagai kemampuan dasar seperti: bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni, serta nilai agama dan moral. Salah satu pembelajaran yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan aspek kognitif adalah pembelajaran matematika. Konsep matematika sudah bisa diperkenalkan mulai umur empat tahun. Konsep yang diperkenalkan antara lain adalah bilangan, pola dan fungsinya, geometri, ukuran, grafik dan pemecahan masalah. Hal tersebut didukung oleh pendapat NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) dalam Fitria (2013:45-55) diantaranya: angka dan pengoperasiannya, aljabar, pengukuran dan geometri. Salah satu pembelajaran di TK adalah dengan mengenalkan bentukbentuk yang berhubungan dengan benda-benda kongkrit di lingkungan sekitar anak, seperti bentuk buku, papan tulis, meja, bendera dan lain sebagainya. Anak nantinya dapat mengenal bentuk-bentuk geometri melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Pada Anak di TK Percontohan, Serdang Bedagai – Sumatera Utara

Pembelajaran perlu dirancang agar anak lebih banyak melakukan kegiatan eksplorasi berbagai bentuk yang sering mereka temui dalam kehidupan sehari-harinya. Menurut Departemen Pendidikan Nasional (dalam Hasan Mahfud, 2010: 5), anak diharapkan mengenal dan menyebutkan berbagai macam benda berdasarkan bentuk geometri dengan cara mengamati benda-benda yang ada disekitar anak misalkan lingkaran, segitiga, segi empat, segi enam, setengah lingkaran, trapesium.

Bentuk geometri merupakan cabang matematika yang menghubungkan matematika dengan dunia fisik atau dunia nyata. Pengenalan konsep bentuk-bentuk geometri pada anak usia dini dapat membangun konsep geometri dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dan menyelidiki bangunan dan membedakan bentuk seperti segi empat, lingkaran, dan segitiga. Pengenalan bentuk geometri sangat penting untuk dikembangkan sejak dini karena banyak terdapat bendabenda di sekitar yang mempunyai bentuk geometri.

Menurut Roebijato (2014:35) pengetahuan geometri dapat mengembangkan pemahaman anak terhadap dunia sekitarnya, bahkan pada anak usia dini. Anak akan lebih tertarik mempelajari geometri, apabila mereka terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan individu atau kelompok berkenaan dengan geometri. Seperti kegiatan mengelompokkan serta menyebutkan bentuk-bentuk geometri dengan benda-benda di sekitar.

Penggunaan media roda dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal geometri kepada anak. Pengembangan media ini yaitu anak dapat bermain pada media roda putar, setelah anak memainkan media ini maka mereka akan mendapatkan tugas masing-masing sesuai perintah yang terdapat pada media roda putar . Sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar dan anak antusias selama pembelajaran. Media yang baik akan menumbuhkan respon serta antusias anak dalam mengikuti proses pembelajaran. Pengembangkan media roda putar dan diharapkan anak tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga kecerdasan visual spasial anak dapat berkembang sekaligus memperkenalkan media roda putar pada anak. Keunggulan media roda dapat membangkitkan semangat anak dalam mengikuti proses pembelajaran karena dapat memutar roda putar serta dapat bermain sesuai dengan kantung yang didapatkan. Karena setiap kantung terdapat permainan yang dimainkan diselesaikan oleh anak. Bahan yang digunakan berwarna-warni dan tidak membahayakan bagi anak. Media roda putar melatih ingatan serta kecepatan berfikir anak karena melatih anak memvisualisasikan media yang terdapat dalam kantung serta melakukan spasial yaitu menuangkan bentuk geometri ke dalam media yang sudah disediakan.

Menurut Khairunisa (2017:21) roda putar adalah obyek berbentuk bundar atau lingkaran yang dapat diputar. Pengembangkan media roda putar Media permainan roda putar dirancang berdasarkan prinsip media pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan menarik. Kebutuhan akan media pembelajaran yang dapat menstimulasi kemampuan anak secara maksimal, mengingat pembelajaran PAUD berbeda dengan pembelajaran di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Manfaat roda putar dalam penelitian ini adalah dapat melatih ingatan dan kecepatan berpikir anak, karena anak berperan langsung langsung dalam permainan tersebut sehingga anak harus menyelesaikan tugas yang ada pada permainan media roda putar. Roda putar juga cukup akrab dalam keseharian anak jadi anak tidak akan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media roda putar.

Penulis : Zara Zetira S.Pd Guru TK Percontohan, Serdang Bedagai – Sumatera Utara

Related posts