Gerak Dan Lagu Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.

Ibu Sriyanti, S.Pd. Guru TK Pertiwi Songgom, Brebes – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Ada beberapa aspek perkembangan anak usia dini, diantaranya adalah aspek kecerdasan yang dimiliki oleh anak salah satunya adalah kecerdasan kinestetik, yang merupakan fisik motorik kasar dan fisik motorik halus pada anak, kecerdasan kinestetik anak memiliki kemampuan psikomotor yang baik. Kemampuan ini merujuk kepada kemampuan untuk mengkordinasikan bagian-bagian tubuh seorang dengan otak supaya berfungsi secara sinergis dan padu untuk mencapai tujuan tertentu dalam bekerja. Untuk melatih motorik kasar  siswa melalui gerak dan lagu.

Untuk menstimulasi kemampuan gerak sejalan dengan meningkatnya kemampuan kordinasi mata tangan dan kaki. Perkembangan gerak bisa terjadi dengan baik apabila anak memperoleh kesempatan cukup besar untuk melakukan aktivitas fisik dalam bentuk gerakan- gerakan yang melibatkan keseluruhan bagian anggota-anggota tubuh. Salah satu gerakan ini melatih gerak dan lagu.

Gerak dan Lagu di TK Pertiwi Songgom, Brebes – Jawa Tengah

Pembelajaran gerak dan lagu merupakan sebuah kegiatan dalam bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Aktivitas yang dilakukan melalui gerak dan lagu diharapkan akan menyenangkan anak sekaligus menyentuh perkembangan bahasa, kepekaan akan irama musik, perkembangan, rasa percaya diri, serta keberanian mengambil resiko. Pengalaman-pengalaman musik dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya melalui musik, melalui suarannya sendiri dan melalui gerak tubuhnya.

Read More

Penulis, Sriyanti, S.Pd. Guru TK Pertiwi Songgom, Brebes – Jawa Tengah

Related posts