Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Dikelas

Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Dikelas

Selain  itu,  pojok baca juga harus memiliki koleksi  yang  menarik untuk siswa. Pemilihan koleksi bisa berupa cerpen, novel atau cerita-cerita yang menarik. Selain itu, guru dapat mengelola dan mengubah ruang fisik pojok baca untuk menciptakan ruangan kondusif serta memfasilitasi siswa agar dapat mengundang daya tarik siswa untuk membaca.

Keberadaan   pojok   baca   memiliki   tujuan   terkait dengan penumbuhan dan peningkatan budaya membaca peserta didik. Pojok baca bertujuan untuk mengenalkan  kepada  siswa  beragam  sumber  bacaan untuk dimanfaatkan  sebagai media, sumber belajar, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan kepada  siswa.

Selain  itu,  pojok  baca  juga  bertujuan untuk mendekatkan siswa kepada buku. Kadang dalam rentang kegiatan belajar-mengajar di kelas, ada jeda di mana guru dan siswa tidak bertemu.

Read More

Misalnya saat pergantian  jam  pelajaran,  guru  absen  (sakit,  dll),  atau rapat guru. Jeda waktu ini dapat digunakan siswa untuk membaca buku yang disukai. Dampak pojok baca terhadap minat baca juga ditentukan oleh pengelolaan dari pojok baca, seperti penataan, dekorasi, koleksi buku, pembaruan koleksi buku, dan lain sebagainya

Related posts