Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Dikelas

Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Dikelas

Seringkali anak yang sejak duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) pasti sudah memakai situs pencarian tersebut. Untuk meningkatkan minat membaca siswa banyak hal yang dapat dilakukan salah satunya adalah melalui pemanfaatan pojok baca.

Pojok baca atau sudut baca adalah sebuah sudut di kelas yang dilengkapi dengan koleksi buku yang ditata secara menarik untuk menumbuhkan minat baca peserta didik yang diterapkan pada tiap kelas. Keberadaan pojok baca bukan untuk menggantikan peran    perpustakaan    tetapi    pojok    baca    berperan    untuk memperpanjang fungsi perpustakaan yang ada di sekolah karena perpustakaan sekolah sifatnya terpusat dan hanya bisa diakses oleh siswa dalam jumlah terbatas.

Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Dikelas (1)

Read More

Adanya pojok baca diharapkan mempermudah siswa dalam mengakses buku ketika siswa ingin membaca dan diharapkan secara tidak langsung dapat meningkatkan minat baca siswa .

Peran dari pihak sekolah seperti kepala sekolah dan guru sangat diperlukan sebagai pembimbing siswa di pojok baca untuk lebih mengetahui dan memahami pentingnya membaca Pojok baca adalah tanggung jawab kolektif guru dan siswa.

Siswa harus diberikan tanggung jawab untuk menjaga buku-buku di pojok baca. Pojok baca harus memiliki desain   yang menarik dan pencahayaan yang cukup, pencahayaan yang tepat harus diatur agar siswa merasa  nyaman  pada  saat  membaca.

Related posts