Menumbuhkan Rasa Cinta Kasih Kepada Nabi Muhammad SAW Dengan Peringatan Isra’Miraj 1444 H di TK Islam Restu Ibu, Malang – Jawa Timur.

Peringatan Isra' Mi'raj di TK Islam Restu Ibu, Malang – Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Bertempat di TK Islam Restu Ibu, Rabu 7 Februari 2024 merayakan hari besar umat Islam sedunia yaitu memperingati Isra’miraj dengan tema menumbuhkan cinta kasih kepada Nabi Muhammad SAW. kami melaksanakan dengan kegiatan yang agak berbeda dari biasanya. Tujuan memperingati Isra’miraj ini yang pertama memperkenalkan peristiwa penting bagi umat Islam kepada anak usia dini, yang kedua yaitu untuk meningkatkan iman dan taqwa pada fondasi anak yang masih termasuk usia emas (golden age) dan yang ketiga adalah mengembangkan aspek nilai – nilai agama dan moral kepada anak usia dini.

Kegiatan diawali di masjid dengan kegiatan istiqosah lalu dilanjutkan di dalam kelas yaitu mendengarkan cerita dari bunda Intiti SH, S.Psi tentang isra’miraj, Apa itu isra’miraj? Berapa lama Nabi Muhammad melakukan perjalanan isra’miraj?

AnakAnak Melihat Vidio Isra’ Mi’raj

Isra adalah peristiwa perjalanan yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Pada saat itu Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan mengendarahi Buroq. Sementara itu miraj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju langit ke 7dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT dan menerima perintah mendirikan salat secara langsung sebanyak 50 kali. Perintah ini diberikan kepada Nabi Muhammad dan umatnya namun Nabi Muhammad meminta keringganan menjadi 5 waktu dalam satu hari.

Read More

Setelah kegiatan itu dilanjutkan dengan memberikan penguatan dari cerita isra’miraj dengan menonton video you tube cerita tentang isra’miraj Nabi Muhammad SAW yang dilakukan dalam satu malam. Dari kisah divideo tadi anakanak menjadi tahu perintah yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW yaitu menjalankan salat 50 kali, namun Nabi Muhammad SAW meminta keringanan hanya sampai mengerjakan salat 5 waktu saja dalam sehari yaitu salat wajib.

Setelah kegiatan tersebut anakanak diberikan pertanyaan terbuka dengan menjawab atau menceritakan kepada teman dengan bahasanya sendiri untuk melatih keberanian, percaya diri, dan cara berbahasa dengan baik dan sopan tentang cerita isra’miraj.

Karena antusiasnya anakanak juga keberanian anakanak dalam menjawab pertanyaan kami memberikan reward berupa hadiah berupa makanan snack. Dengan kegiatan tersebut kami dapat menumbuhkan atau menstimulasi anak untuk mengembangkan aspek emosi sosial, aspek Bahasa dan aspek nilai-nilai agama dan rasa kasihnya kepada Nabi Muhammad SAW.

Penulis, Listyowati, S.Pd Guru TK Islam Restu Ibu, Malang – Jawa Timur

Related posts