Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pada Anak Kelompok B Melalui Media Pop Up Book di TKIT Harapan Brebes Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2023-2024

Ibu Sumiyati, S.Pd Guru TKIT Harapan Brebes – Jawa Tengah, Sedang Bercerita.

RadarJateng.com, Pendidikan Keterampilan berbahasa sangatlah penting didalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung adanya interaksi dan komunikasi antara guru dengan peserta didik dengan menggunakan bahasa yang sangat baik. Menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki urgensi yang tinggi untuk memperoleh keterampilan-keterampilan yang lain. Keterampilan menyimak tidak dapat dipisahkan dari keterampilan berbahasa yang lain, yaitu keterampilan berbicara, membaca, dan menulis.

Proses pembelajaran menyimak lebih besar jika dibandingkan dengan kegiatan keterampilan berbahasa lainnya. Meningkatkan keterampilan menyimak berarti pula membantu meningkatkan kualitas berbicara seseorang. Umumnya seorang anak akan menggunakan bahasa yang di dengar serta disimaknya. Dengan menyimak, seseorang akan mengetahui informasi yang disampaikan oleh orang lain secara akurat. Diharapkan dengan menjadi penyimak yang baik, orang tersebut dapat menyampaikan informasi secara baik pula.

Menyimak cerita merupakan suatu kegiatan menyimak yang bertujuan agar siswa dapat memahami dan memaknai cerita yang didengarnya dengan cermat,cepat dan tepat. Melalui kegiatan menyimak cerita dengan media pop up book anak dilatih dan diajarkan untuk bisa memiliki keterampilan berbahasa serta mempunyai kemampuan berpikir dan bernalar yang baik, sehingga ketika para siswa melakukan proses komunikasi di dalam kegiatan belajar maka mereka akan menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang baik dan juga benar, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun akan ikut berpengaruh di dalam prosesnya.

Read More
Antusias AnakAnak Mendengarkan Cerita.

Untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak-anak Kelompok B1 TKIT Harapan Brebes, maka ibu Sumiyati S.Pd mencoba bercerita menggunakan buku cerita pop up book, yang berjudul pisang emas yang sombong, pop up book adalah sebuah buku cerita yang apabila di buka bukunya akan berbentuk tiga dimensi atau gambarnya timbul, sehingga hal tersebut sangat menarik perhatian anak-anak untuk fokus mendengarkan cerita dari ibu guru.

Saat bu guru (Sumiyati,S.Pd) mulai bercerita dengan menggunakan pop up book nya, terlihat anak-anak sangat antusias dan fokus mendengarkan dan menyimak bu guru bercerita, setiap halam buku yang dibuka, anak-anak sangat bahagia melihat gambar-gambar yang timbul, ini hal baru dan pengalaman baru bagi anak-anak Tkit Harapan.

Salah Satu Manfaat media pop up book  adalah :

  1. Media pop up book dapat memancing siswa untuk lebih berkonsentrasi dalam menyimak penjelasan guru karena bentuk pop up book yang tiga dimensi dan sangat menarik.
  2. Guru dengan mudah   bercerita karna gambar sudah lebih menarik.
  3. Membantu peserta     didik     dalam mengembangkan keterampilannya  serta  kemampuan  anak  dalam berpikir.

Berdasarkan hasil Upaya meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada kelompok B1 TKIT Harapan Brebes, melalui bercerita dengan media pop up book berhasil meningkatkan kemampuan  menyimak anak dengan hasil yang  sangat efektif , tampak pada  peserta didik lebih fokus dan antusias dalam mengikut kegiatan menyimak cerita guru.

Penulis, Sumiyati, S.Pd Guru TKIT Harapan Brebes – Jawa Tengah

Related posts