Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Membedakan Huruf “b, d, p” Menggunakan Media Kartu Huruf.

Membedakan Huruf “b, d, p” Menggunakan Media Kartu Huruf.

RadarJateng.com, Pendidikan Pengembangan aktivitas pembelajaran mengacu pada kriteria yang ditetapkan pada standar proses (PERMENDIKBUD nomor 137 tahun 2014) yang didalam aktivitas pembelajaran tersebut terkandung sejumlah materi yang dapat dipelajari oleh anak terkait dengan berbagai jenis suara, huruf alfabet, suku kata awal yang sama, kosa kata serta konsep bilangan. Dalam buku metode pengembangan Bahasa, Penulis Nurbiana Dhieni, Penerbit Unversitas Terbuka, media visual dapat melatih kemampuan anak mengenal huruf dan kata sebelum anak siap  untuk belajar baca guru dapat membantu mereka untuk menyadari secara umum adanya kata dan huruf yang bertulis serta kegunaannya.

Bagi anak mengenal huruf bukan hal yang mudah karena banyak huruf yang bentuknya mirip tetapi bacaannya berbeda seperti b, d  dan p sehingga bisa menggunakan media (sand paper later), metode visual untuk melatih kemampuan anak mengenal huruf dan kata untuk mengembangkan anak dalam mengenal huruf perlu diadakan kegiatan pembelajaran whole Language ialah kelas yang sibuk karena dipenuhi dengan keaksaraan dipenuhi dengan banyak buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan.

Salah satu cara mengenalkan huruf kepada anak terutama untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf b, d, p yaitu melalui media kartu huruf dan kartu huruf bergambar melalui permainan yang menarik yaitu bermain huruf awal sama  melalui metode pendekatan saintifik. Pelaksanaan aktifitas pembelajaran melalui pendekatan saintifik yaitu proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik aktif membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan melalui tahapan permainan sebagai berikut:

Read More
  1. Mengamati. adalah kegiatan yang mendorong peserta didik untuk menunjukan keingintahuan, kesungguhan dan ketelitian ketika mengamati berbagai objek.
  2. Menanya. adalah salah satu proses mencari tahu tentang pengetahuan yang sudah dimiliki anak dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajarinya.
  3. Mengumpulkan informasi, adalah ketrampilan mengumpulkan berbagai informasi dari hasil mengamati dan menanya.
  4. Menalar, merupakan kegiatan menghubungkan informasi baru dengan informasi yang sudah dimiliki sebelumnya sehingga mendapatkan pengalaman yang utuh.
  5. Mengkomunikasikan, adalah kegiatan untuk menyimpulkan hal-hal yang telah dilakukan dlam berbagai bentuk, missal gambar, hasil karya, cerita.
Antusias AnakAnak Menggunakan Kartu Huruf di TK Muslimat NU Kubangjati Ketanggungan, Brebes – Jawa Tengah

Berikut contoh permaian mengenalkan huruf

Bermain huruf awal sama

Tujuan:

-anak dapat menyebutkan gambar yang memiliki huruf awal sama.

-melatih anak mengenal dan membedakan huruf b, d, p

-Menambah perbendaharaan kata

-Melatih daya ingat anak

-Melatih keberanian anak dan kemandirian anak

Alat dan bahan

Benda asli (pinsil, buku, dadu) atau bisa diganti kartu kata bergambar.

Kegiatan: bermain huruf awal sama

Metode : pemberian tugas

Langkah kegiatan. Guru menyiapkan media dan alat berupa kartu huruf dengan gambar yang menarik, media asli berupa benda yang memiliki huruf awal b, d, p

  1. Mengamati. Anak mengamati berbagai benda yang disediakan guru. Guru  memperlihatkan benda/kartu gambar satu persatu dan menyebutkan satu persatu kartu tersebut yang memiliki huruf awal sama, kemudian anak menebak benda bergambar yang diperlihatkan.
  2. Menanya. Guru menanyakan pada anak apa yang ingin diketahui tentang gambar tersebut. Anak bertanya dan berdiskusi tentang gambar yang memiliki huruf awal sama.
  3. Mengumpulkan informasi.Guru memberikan kesempatan pada anak untuk menyebutkan satu persatu gambar yang memiliki huruf awal sama secara bergantian. Anak mencoba bermain dengan kartu gambar pilihannya.
  4. Menalar Guru mengajak anak untuk menyebutkan benda dan menghubungkan dengan benda yang mempunyai huruf awal sama. Anak mencoba menyebutkan gambar yang mempunyai huruf awal sama.
  5. Mengkomunikasikan. Guru mengajak anak menceritakan pengalamanya bermain. Anak menceritakanpengalamnya bermain didepan teman-temannya.

Penulis, Fatonah, S. Pd Guru TK Muslimat NU Kubangjati Ketanggungan, Brebes – Jawa Tengah

Related posts