Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting.

Kegiatan Menggunting di TK PKK JURANGREJO , Malang – Jawa Timur

RadarJateng.com, PendidikanPendidikan Anak Usia Dini adalah suatu  upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Beberapa aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada masa-masa tersebut agar anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Aspek perkembangan tersebut meliputi aspek perkembangan kognitif, sosial emosional, agama, fisik motorik dan seni. Ke enam aspek perkembangan tersebut  merupakan kemampuan dasar anak yang harus dikembangkan secara optimal agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Salah satu aspek yang sangat penting untuk distimulasi pada anak usia dini yaitu aspek perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus anak sangat penting karena itu jika tidak terstimulasi dengan baik dapat menghambat aspek perkembangan yang lain. Maka sebagai orang tua harus selalu memperhatikan perkembangan anak dan selalu memberikan stimulasi yang tepat untuk setiap aspek perkembangan, sehingga anak bisa tumbuh dengan normal dan semua aspek dapat berkembang sesuai dengan usianya. Adapaun beberapa kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak, salah satu kegiatan tersebut adalah kegiatan menggunting. Kegiatan menggunting dapat melatih kesiapan anak dalam belajar menulis, karena kegiatan menulis pada anak memerlukan kekuatan otot tangan dan koordinasi mata. Sehingga kegiatan menggunting dipercaya sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Dengan kegiatan menggunting dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak. Kegiatan menggunting dibutuhkan keterampilan dan proses latihan berulang-ulang, menggunting dapat menstimulasi dua indera mata dan tangan secara bersamaan. Kegiatan menggunting dapat dilakukan dengan berbagai media seperti kertas, kain, daun-daunan dan masih banyak lagi media lain.

Maka dari itu untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak salah satu kegiatan yang dilakukan di TK PKK JurangRejo yaitu mengajak anak-anak melakukan kegiatan menggunting. Selain untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak kegiatn menggunting juga untuk melatih konsentrasi, kesabaran dan kreatifitas anak. Dalam kegiatan menggunting ini anak diajarkan bagaimana cara memegang dan menggunakan gunting dengan benar. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik halus anak dapat terstimulasi dengan baik melalui kegiatan menggunting.

Read More

Penulis, Suartikah, S.Pd Guru TK PKK JURANGREJO , Malang – Jawa Timur

Related posts