Alat Peraga Edukatif “Pagem (Papan Gembira)”.

Alat Peraga Edukatif “Pagem (Papan Gembira)”. di TK Dharma Wanita 02 Badegan, Ponorogo – Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Apa itu Pagem? Papan Gembira atau biasa disingkat dengan Pagem. Dalam Bahasa inggris Fun Board, pagem diadaptasi dari permainan lama yaitu permainan ular tangga atau dalam Bahasa inggris Snakes and Ladders. Melalui papan gembira guru dapat merancang dan mendesain model pagem sesuai dengan kebutuhan, diantaranya disesuaikan dengan topik yang akan dipelajari. Selain itu pembuatan pagem dinilai sangat efektif karena guru dapat menentukan sendiri ukuran yang dibutuhkan serta biayanya yang terjangkau. Penerapan pagem sudah dilakukan di Lembaga kami yaitu TK Dharma Wanita 02 Badegan sudah sejak 4 tahun terakir. Sebelum mengenal pagem permainan yang sering digunakan di Lembaga kami TK Dharma Wanita 02 Badegan yaitu permainan tradisional englek, permainan bakiak, permainan congklak serta permainan-permainan buatan pabrik diantaranya lego, puzzle, pasir kinestik, boneka tangan serta bebagai Macam APE dalam lainnya. Media permainan PAGEM dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di taman kanak-kanak karena muatan materi dapat disesuaikan dengan kurikulum PAUD dan karakteristik anak TK.

Karakteristik anak TK Dharma Wanita 02 Badegan

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Anak-anak TK Dharma Wanita 02 Badegan adalah anak-anak yang berada pada rentang usia 4-6 tahun. Anak  kelompok A berada pada usia 4-5 tahun dengan jumlah A1. 10 anak A2. 11 anak sedangkan anak kelompok B berada pada usia 5-6 tahun dengan jumlah B1. 15 anak B2. 16 anak dengan jumlah pendidik 4 orang pendidik serta 1 orang kepala sekolah. Anak-anak TK Dharma Wanita 02 Badegan berasal dari wilayah desa setempat serta Sebagian dari desa tetangga. Karena lingkungan sekolah berada di daerah pedesaan serta dekat dengan lingkungan pertanian diantaranya sawah, kebun jagung, kebun cabe. Dengan lingkungan yang alami guru dapat dengan mudah menyediakan media pembelajaran yang berbasis alam. Namun kebutuhan belajar siswa yang meningkat guru harus berinovasi dengan model-model pembelajaran yang inovatif. Diantaranya pengunaan pagem untuk kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita 02 Badegan .

Read More
Antusias AnakAnak Menggunakan Alat Peraga Edukatif “Pagem (Papan Gembira)”.

Manfaat Pagem bagi anak-anak Tk Dharma Wanita 02 Badegan. 

Penggunaan papan gembira (pagem) di TK Dharma Wanita 02 Badegan membawa manfaat yang sangat luar biasa diantaranya manfaatnya bagi pendidik media pagem dapat menciptakan lingkungan bermain yang menarik, memberikan rasa aman dan menyenangkan sedangkan, Pagem dapat dimanfaatkan didalam maupun di luar kelas, pagem sangat praktis, ekonomis serta mudah dimainkan sedangkan manfaat bagi anak-anak didik diantaranya, pada aspek perkembangan sosial emosional yaitu melalui bermain papan gembira anak-anak dapat melatih kolaborasi dengan bekerjasama, sabar dalam menunggu giliran, mengembangkan imajinasi dan mengingat peraturan permaianan dalam rangka pembiasaan dan implementasi nilai-nilai karakter anak TK selain itu anak dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara langsung. Dalam aspek fisik motoric kasar atau perkembangan lokomotor anak, pada aspek kognitif pagem dapat merangsang anak belajar matematika serta tanpa disadari melalui page manak belajar memecahkan masalah.

Penulis, Erna Susanti, S.Pd Guru TK Dharma Wanita 02 Badegan, Ponorogo – Jawa Timur

Related posts