TANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DENGAN PEMBIASAAN PRAKTEK SHOLAT DI SEKOLAH.

Kegiatan Sholat di TK Dharma Wanita Besowo III, Kediri - Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Penanaman nilai agama dan moral anak penting dilakukan sejak usia dini, karena merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak untuk menjalankan pendidikan selanjutnya. Dalam penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini, dapat dilakukan melalui banyak cara atau kegiatan diantaranya melalui kegiatan rutinitas disekolah maupun dirumah. Penanaman nilai agama dan moral sejak  dini juga dapat membantu anak dalam menumbuhkan perilaku yang baik dan anak akan terbiasa dalam hal yang sering diajarkan, sehingga anak dapat membedakan mana yang tidak baik dan mana yang baik baginya.

Bentuk pendidikan moral dan agama di sekolah TK Dharma Wanita Besowo III adalah melalui pembiasaan praktek sholat dan dilanjutkan dengan kegiatan meniru surat-surat pendek setiap hari Jumat. Pembiasaan praktek sholat dan meniru surat-surat pendek juga dapat membantu membentuk karakter anak. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih anak sejak usia dini mengenal ibadah sholat dengan baik dan benar, sehingga kelak ketika anak sudah baligh mampu melaksanakan sholat sesuai tuntunan Rasulullah.

Melihat sholat adalah ibadah paling utama yang setiap gerakan mempunyai manfaat untuk kesehatan dan ditambah bacaan sholat merupakan doa dan pujian kepada ALLAH SWT. Selain bermanfaat untuk kesehatan sholat juga merupakan tiang agama yang mendidik kedisiplinan, ketaqwaan kepada ALLAH  serta mengenalkan cara bersyukur atas nikmat dan karuniaNYA

Read More

Berikut beberapa manfaat sholat yang perlu anak didik ketahui, di antaranya adalah:

  1. Mendapatkan Pendidikan dan Pemahaman Keislaman
  2. Pikiran Menjadi Damai
  3. Mengeratkan Ikatan dengan Kedua Orang Tua
  4. Mendapatkan Syafaat Saat Hisab di Akhirat
  5. Menjadi Keluarga yang Disayang Allah
  6. Sholat dan Alquran Merupakan Obat Terbaik
  7. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan
  8. Doa Mudah Dikabulkan

Selain capaian Aspek Perkembangan nilai agama dan moral, praktek sholat memiliki manfaat lain di antaranya:

  • Aspek Kognitif anak menjadi tahu urutan dari gerakan sholat mulai dari niat, berdiri, takbiratul ikhram, membaca Al Fatihah, rukuk dengan tuma’ninah , I’tidal dengan tuma’ninah, sujud dua kali dengan tuma’ninah, duduk di antara dua sujud.
  • Aspek Motorik anak melatih gerakan tangan dan koordinasi mata untuk fokus dalam sholat
  • Aspek Bahasa melatih anak agar terbiasa melafalkan bacaan-bacaan  dalam sholat.
  • Aspek Sosial dalam praktek sholat yang dilakukan bersama-sama sudah sangat jelas sekali bahwa kebersamaan adalah kunci dari kehidupan manusia. Semua yang anak lakukan pasti melibatkan orang lain di dalamnya, disadari atau tidak dengan pembiasaan kegiatan praktek sholat dan meniru surat-surat pendek akan menumbuhkan pemahaman dalam diri anak tentang toleransi, toleransi untuk tidak mengganggu teman yang lain.

Selaian diatas pembiasaan praktek sholat  dan meniru surat-surat pendek dilakukan agar anak-anak terbiasa melakukanya. Kemudian akan ketagihan dan menjadi tradisi yang sulit untuk ditinggalkan disekolah maupun dirumah, sehingga anak-anak memiliki karakter yang disiplin dari pembiasaan sholat.

Karakter disiplin mempunyai nilai yang sangat penting untuk membentuk pribadi peserta didik yang taat aturan tata tertib sekolah. Jika seluruh warga sekolah menerapkan disiplin dengan baik, hal ini akan menjadi wujud suatu kehidupan yang disiplin yang baik di sekolah yang berimbas di kehidupan masyarakat pada umumnya.

Dengan belajar sholat maka artinya anak-anak bisa memperoleh pendidikan yang baik untuk menjadi muslim sejati yang taat beragama. Selain itu  melalui ibadah sholat manusia akan diberikan petunjuk oleh Allah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Penulis, Bibit Suhartini, S.Pd Guru TK Dharma Wanita Besowo III, Kediri – Jawa Timur

Related posts