Meningkatkan Kegiatan Motorik Halus dengan Meronce Menggunakan Media Potongan Kertas dan Potongan Sedotan.

Kegiatan Motorik Halus dengan Meronce Menggunakan Media Potongan Kertas dan Potongan Sedotan di TK Kanisius Mayang, Kec. Gatak ,Kab. Sukoharjo – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Pernahkah ibu mendengar istilah Meronce? Ya, betul sekali meronce adalah suatu bentuk seni menata benda menjadi satu kesatuan yang menarik dengan menggunakan tali atau benang. Kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak kecil yang suka bermain dengan berbagai jenis dan warna manik-manik. Meronce sendiri tidak hanya memiliki fungsi menyusun berbagai macam bentuk saja, namun juga memiliki kelebihan yang mungkin  belum diketahui oleh ibu – ibu semuanya.

Karya Meronce sendiri dapat dibuat untuk dijadikan berbagai macam produk, seperti  kalung, gelang, hiasan dinding, dan masih banyak lagi barang dekorasi lainnya. Namun bagi anak-anak, khususnya anak kecil, seni meronce dapat memberikan banyak manfaat berbeda. Salah satu manfaat utama  kegiatan ini adalah  membantu merangsang perkembangan  motorik halus  anak. Memang dengan memasukkan setiap tali atau tali ke dalam setiap lubang kertas dan sedotan  hingga membentuk hiasan dinding dapat membantu merangsang saraf motorik halus  anak, melatih kesabaran  dan meningkatkan konsentrasi anak.

Antusias anakanak dalam kegiatan meronce.

Manfaat dari Meronce bagi Anak Usia  Dini

Read More

1. Meningkatkan motorik halus. Manfaat berlatih seni meronce bagi anak adalah meningkatkan kemampuan motorik halusnya. Memang, meronce sendiri  membutuhkan kekuatan otot jari. Dengan melakukannya secara terus menerus,  anak dapat melatih kemampuan otot jari-jarinya.

2. Kegiatan belajar yang menyenangkan. Manfaat membuat seni meronce bagi anak usia dini yang kedua adalah sebagai kegiatan belajar yang menyenangkan bagi mereka. Memang seni meronce tidak hanya sekedar merangkai manik-manik pada seutas tali atau benang saja,  seni meronce juga bisa membantu anak meningkatkan kemampuan berhitungnya.

3. Meningkatkan kemampuan konsentrasi anak. Manfaat  seni Meronce bagi anak kecil yang ketiga adalah meningkatkan kemampuan konsentrasinya. Dalam kegiatan ini,  anak perlu berkonsentrasi keras untuk merangkai kertas dan sedotan ke benang-benang kecil.

4. Membantu Anda belajar membaca. Manfaat  seni Meronce bagi anak kecil yang keempat adalah membantu mereka belajar membaca. Dengan dilaksanakannya kegiatan Meronce, meronce juga dapat mengasah dan meningkatkan semangat belajar membaca anak.

5. Melatih dan memupuk kemampuan kreatif anak. Manfaat yang kelima dari melatih seni meronce pada anak usia dini adalah melatih dan mengasah kreativitasnya. Tentu saja hal ini bisa dilakukan, karena dengan bekerja sama dengan meonce, anak-anak dapat menyusun manik-manik sesuai dengan kreativitasnya.

Penulis, Maria Magdalena Sulistyaningsih, S.Pd Guru TK Kanisius Mayang, Kec. Gatak ,Kab. Sukoharjo – Jawa Tengah

Related posts