Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Finger Painting.

Kegiatan Finger Painting di TK ABA Tanjung Kesuma - Lampung

RadarJateng.com, Pendidikan Perkembangan fisik motorik halus adalah bagian penting dalam perkembangan anak usia dini. Ini mencakup kemampuan anak untuk mengkoordinasikan gerakan-gerakan kecil, seperti penggunaan jari-jari tangan, mata, dan pergelangan tangan. Artikel ini akan menjelaskan meningkatkan perkembangan fisik motorik halus pada anak usia dini melalui finger painting.

Menurut Beaty (2013) perkembangan motorik halus yaitu gerakan yang melibatkan otot-otot halus dalam mengendalikan tangan dan kaki. Gerakan-gerakan berupa kontrol, koordinasi, serta ketangkasan untuk menggunakan jarinya. Gerakan tersebut perlu dikembangkan dengan adanya latihan agar dapat berkembang.

Perkembangan fisik motorik halus yang penting karena itu membantu anak:

Read More
  1. Meningkatkan kemampuan belajar membaca dan menulis di sekolah.
  2. Mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri melalui seni.
  3. Memperbaiki kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis.
  4. Meningkatkan kemandirian dalam melakukan tugas sehari-hari seperti berpakaian dan makan.
  5. Meningkatkan interaksi sosial melalui bermain dan berbagi.

Perkembangan fisik motorik halus adalah bagian integral dari perkembangan anak usia dini. Dukungan yang tepat dari orangtua dan pendidik membantu anak-anak mengembangkan keterampilan ini, yang merupakan landasan bagi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka.

Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus. Contohnya seperti melukis menggunakan jari atau finger painting.

Menurut   Witarsono   dalam   Suciati (2013:26) finger  painting adalah  melukis dengan jari, melatih pengembangan imajinasi, memperhalus kemampuan motorik  halus,  dan  mengasah  bakat  seni rupa. Finger Painting adalah cara yang unik dan mendebarkan untuk menjelajahi seni rupa. Ketika berada pada usia dini, anak sering diajarkan untuk tidak mencoret-coret dinding atau benda-benda dengan jari kita. Namun, dalam seni finger painting, tindakan ini justru didorong dan diterapkan dalam bentuk seni yang indah dan kreatif.

Salah satu hal paling mempesona tentang finger painting adalah kebebasan ekspresi yang dihadirkannya. Seni ini tidak memiliki aturan kaku, tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukannya. Ini adalah bentuk seni di mana seseorang dapat menggambar, menggenggam, dan menggoreng dengan jari mereka sendiri, dan itu adalah hal yang baik untuk dilakukan oleh anak usia dini.

Alat dan bahan finger painting

Untuk mulai melukis dengan jari, kita dapat menyiapkan beberapa hal berikut :

  1. Cat Finger Painting: cat finger painting yang biasa digunakan dalam seni ini. Cat yang digunakan aman untuk anak.
  2. Media: Kita dapat mengajarkan anak melukis dengan jari pada kertas, kanvas, atau bahkan kain.
  3. Biarkan Imajinasi Mengalir : finger painting adalah tentang mengungkapkan diri dengan bebas. Kita dapat membiarkan anak menuangkan ide-ide nya kedalam lukisan yang dia buat dengan finger painting. Hal tersebut dapat membuat imajinasi anak mengalir tanpa hambatan.

Kita bisa membuat cat yang akan kita gunakan untuk kegiatan finger painting. Berikut cara alat, bahan, dan cara membuatnya :

Alat dan Bahan :

  1. Lem fox putih
  2. Mangkok
  3. Sendok/pengaduk
  4. Pewarna makanan

Cara membuat :

  1. Tuangkan lem fox berwarna putih ke mangkok atau wadah secukupnya.
  2. Beri pewarna makanan sesuai dengan warna yang diinginkan.
  3. Aduk menggunakan sendok sampai warnanya merata.
  4. Pewarna siap digunakan.

Selain digunakan untuk meningkatkan motorik halus anak, finger painting juga dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak sehingga anak tidak merasa bosan dengan permainan yang mereka lakukan. Membuat suatu karya tidak melulu menggunakan alat seperti pensil, krayon, dan pensil pewarna. Tetapi juga dapat menggunakan jari anak secara langsung.

Penulis, Suyasmi, S.Pd.AUD Guru TK ABA Tanjung Kesuma, Dusun 2, Desa Tanjung Kesuma, Kabupaten Lampung Timur, Lampung

Related posts