APE Tutup Botol Pintar Untuk Anak Usia Dini.

Ibu Fitriyati Lestaluhu,S.Pd TK AL -FAJRI, Benowo - Surabaya – Jawa Timur.

RadarJateng.com, Pendidikan-Belajar konsentrasi dan fisik motoric untuk anak bisa dengan apa saja salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai dan sayang kalau haru dibuang dan kita tidak bisa memanfaatkan untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan salah satunya bahan botol bekas. APE ini terbuat dari bahan yang mudah kita dapat dan APE ini kita beri nama APE Tutup botol pintar untuk anak usia dini. APE Tutup Botol Pintar ini dibuat untuk melatih konsentrasi dan fisik motoric anak dalam belajar bahasanya maupun kognitifnya dimana anak mencocokkan, dan membaca serta mengenal huruf ataupun angka serta simbol-simbol yang bisa digunakan dalam belajar konsentrasi.

Cara ini memudahkan anak bermain sambil belajar dengan permainan yang menyenangkan dan merangsang motoric mereka untuk bisa berkonsentrasi dalam hal belajar. Cara mainnya tutup botol pintar adalah anak-anak akan mencocokkan tulisan pada papan dengan tutup botol yang akan di pasangkan sesuai dengan instruksi yang dilihatnya, papan botol ini bisa ditulis dengan huruf, angka atau simbol-simbol tergantung kreatifitas kita untuk merangsang motoric anak. Cara membuat ape ini sangat mudah kita bisa memanfaatkan kardus bekas dan botol plastik bekas,.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1. Kerdus bekas

Read More
  1. Botol plastic bekas
  2. Kertas karton
  3. Kertas asturo
  4. Lem tembak
  5. Kertas HVS
  6. Solasi putih atau lakban
  7. cat warna untuk menghias botolnya
APE Tutup Botol Pintar Untuk Anak Usia Dini

Cara membuatnya adalah kardus kita lapisi terlebih dahulu dengan kertas karton dengan warna apa saja  lalu kita tempel botol bekas yang sudah dipotong bagian ujungnya agar menarik kita bisa beri cat warna  lalu kita lem dengan lem tembak agar merekat kuat kemudian kita sambungkan dengan area papan untuk tulisannya. Area tulisannya ini tentunya disesuaikan panjang dari kardusnya bagian bawah dan bagian atas kemudian untuk area papan atasnya kita lapisi dengan kertas asturo dan kita beri tempelan kertas yang sudah di gunting kotak-kotak kecil untuk menulis angka atau huruf ataupun simbul-simbul yang kita inginkan, dan dilapisi dengan lakban atau solasi putih supaya bisa ditulis dengan spidol dan bisa pula dihapus.

Kemudian jika sudah ditulis anak-anak dapat mencari atau mencocokkan tutup botol dengan tulisan yang ada di area papan atas. Dan kita bisa melatih dengan huruf, angka atau simbul yang mudah dimengerti anak, cara ini bisa diajarkan  berulang-ulang kali, dengan bermain sambil belajar.

Permainan ini bisa digunakan untuk anak usia dini dan anak yang mengalami keterlambatan dan konsentrasi yang harus sering di stimulus agar motoriknya lebih baik. Mudahkan cara membuat dan cara bermainnya  , selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk belajar konsentrasi dan fisik motorik anak.

Penulis, Fitriyati Lestaluhu,S.Pd TK AL -FAJRI, Benowo – Surabaya – Jawa Timur

Related posts