Mengenal Huruf Dengan Media Kotak Alphabeth Pintar .

Mengenal Huruf Dengan Media Kotak Alphabeth Pintar

RadarJateng.com, Pendidikan Bermain merupakan kegiatan menyenangkan untuk anak, melalui bermain anak dapat memperoleh pengetahuan secara menyenangkan. Salah satu pembelajaran yang di kembangkan anak ketika bermain adalah pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa anak meliputi keterampilan anak dalam mengenal huruf dan menyusun huruf -huruf membentuk kata. Akan tetapi sampai saat ini kurangnya minat belajar anak dalam belajar huruf menjadi hal yang wajib kita perhatikan. Adapun hal yang menyebabkan kurang tertariknya anak dalam belajar huruf disebabkan kurangnya alat permainan dan kurangnya kreativitas dari guru dalam memberikan pembelajaran dalam mengenal huruf.

Salah satu media inovatif yang dapat kita terapkan dalam pembelajaran mengenal huruf adalah dengan menggunakan media kotak alphabeth pintar. Melalui media kotak alphabeth pintar  anak dapat bermain mengenal bentuk dan menyebutkan nama huruf serta anak dapat bermain menancapkan huruf sesuai dengan tempatnya dan bermain menyusun huruf membentuk kata yang diinginkan anak. Selain mudah diterapkan media kotak alphabeth pintar juga mudah dibuat dan dapat menarik perhatian anak karena desainnya yang berwarna warni sehingga anak lebih mudah mengenal huruf sesuai dengan warna kertasnya.

Alphabeth Pintar di TK 2 Aisyiyah Bara-Baraya, Makassar – Sulawesi Selatan.

Adapun cara membuat media kotak alphabeth pintar ini cukup mudah saja, kita hanya perlu menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut

Read More
  • Kotak susu bekas yang berukuran besar
  • Kertas marmer berwarna (sesuai warna kesukaan)
  • Stik es krim
  • Lem
  • Gunting
  • Cutter
  • Kertas origami berwarna warni.

Cara membuat : Pertama-tama bungkus kotak susu bekas menggunakan kertas marmer berwarna kemudian beri lem hingga semua kotak tertutupi, selanjutnya gunting kertas origami berwarna-warni berukuran 4x 7 cm kemudian lipat dua kertas origami setelah itu tulis nama huruf abjad di bagian depan dan bagian belakang kertas kemudian masukkan stik es krim dan beri lem bagian tengah kertas yang berisi huruf. Setelah selesai gunting juga kertas origami berwarna menjadi bentuk kotak berukuran 3×4 cm kemudian beri huruf pada bagian depan kertas sesuaikan dengan warna kertas huruf yang ada pada stik es krim tadi kemudian jika semua huruf sudah di tuliskan lem kertas huruf tersebut pada bagian atas kotak susu yang telah dibungkus rapi secara berurut dari huruf a-z jangan lupa atur jarak hurufnya , jika sudah selesai lubangi bagian belakang huruf pada kotak susu agar huruf-huruf yang telah ditempel pada stik dapat ditancapkan sesuai hurufnya dan kotak pintar huruf pun dapat digunakan anak dalam bermain mengenal huruf maupun menyusun huruf membentuk kata yang diinginkan.

Penulis : Mutmainna Hasan T, S. Pd Guru  TK 2 Aisyiyah Bara-Baraya, Makassar – Sulawesi Selatan.

Related posts