Mengenalkan Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Angka Bergambar.

Mengenalkan Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Angka Bergambar

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini adalah (PAUD) diartikan sebagai segenap upaya pendidik (orang tua, guru, dan orang dewasa lainya) dalam memfasilitasi perkembangan dan belajar anak sejak lahir sampai dengan usiaenam tahun melalui penyediaan berbagai pengalaman dan rangsangan yang bersifat mengembangkan, terpadu, dan menyeluruh sehingga anak dapat bertumbuh – kembang secara sehat dan optimal sesuai dengan nilai dannorma kehidupan yang dianut. Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan potensi sejak dini sehingga anak berkembang secara wajar. Oleh karena itu, pendidik dituntut mampu dan mau memberikan berbagai rangsangan sesuai dengan potensi kecerdasan anak. Rangsangan didasarkan pada keyakinan bahwa setiap anak memiliki berbagai kecerdasan yang perkembanganya mensyaratkan stimulasi atau rangsangan yang sesuai.

Menurut Gardner kecerdasan dalam multiple intelligiences meliputi kecerdasan verbal – linguistik ( cerdas kata), Kecerdasan logis – matematis (cerdas angka), kecerdasan visual–spasial (cerdas gambar, warna), kecerdasan musikal (musiklagu), kecerdasan kinestatik (cerdas gerak), kecerdasan interpersonal (cerdas sosial), kecerdasan intrapersonal (cerdas diri), kecerdasan naturalis (cerdas alam), kecerdasan eksistensial (cerdas hakikat). Setiap kecerdasan dalam kecerdasan majemuk mempunyai indicator tertentu. Kecerdasan logis matematika pada setiap anak berbeda sesuai tahap perkembanganyaa. Kemampuan yang berkenaan dengan angka dan penalaran merupakan salah satu potensi intelektual seseorang untuk dapat mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu proses pengembangan kognitif, psikomotor, dan afektif ketika seorang berada pada lingkungan.

Mengenalkan Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Angka Bergambar

Kognitif seringkali diartikan sebagai kecerdasan berfikir. Kognitif adalah pengertian yang luas mengenai berfikir dan mengamati. Kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan salah satunya adalah kemampuan dalam mengenal angka. Pendidikan dalam mengenal angka untuk anak usia dini diberbagai Lembaga Pendidikan anak usia dini baik jalur formal dan non formal sudah sering dilaksanakan. Istilah – istilah yang dikenal diantaranya pengembangan kognitif, daya pikir atau ada juga yang menyebutnya sebagai pengembangan kecerdasan logis matematika dan ingatan anak untuk mengenal angka 1–10.

Read More

Kegiatan pengenalan angka pada anak usia dini dapat dikenalkan sejak dini pada anak. Perkembangan kognitif adalah perkembangan yang terkait dengan kemampuan berfikir seseorang. Bisa juga diartikan sebagai perkembangan intelektual. Pembelajaran matematika untuk anak usia dini khususnya berhitung dan mengenal angka sekiranya dibuat kreatif, inovatif serta menyenangkan. Karena dengan anak bisa mengenal angka sedini mungkin agar setelah masuk ke jenjang berikutnya anak sudah mampu mengenal angka – angka yang sederhana yaitu angka 1 sampai dengan angka 10.

Menurut Takdirotun (2012:45) angka atau bilangan adalah lambang atau simbol yang merupakan suatu objek yang terdiri dari angka – angka.Sebagai contoh bilangan 10, dapat ditulis dengan dua buah angka (double digits) yaitu angka 1 dan 10. Bilangan banyak ditemui dalam kehidupan sehari–hari. Namun demikian bilangan yang ditemui anakanak sebenarnya memiliki arti yang berbeda–beda. Kemampuan anak mengenal angka memerlukan konsep berpikir tentang objek, benda, atau kejadian. Anak mulai mengenal simbol (kata – kata, angka, gerak tubuh, atau gambar) untuk mewakili benda–benda yang ada dilingkunganya. Angka adalah suatu lambang tertulis sebagai suatu anggota dari sistem penghitungan dan pengukuran.

TK Swasta Guang Ming Medan, Kec. Medan Petisah Kel.Seiputih Tengah – Sumatra Utara

Ada cara yang dapat dilakukan guru dalam mengenalkan angka pada Anak adalah:

  1. Ajarkan Angka atau Berhitung dengan Lagu.
  2. Hubungkan Angka ke Dalam Aktivitas Sehari-harinya.
  3.  Tuliskan Angkanya.
  4. Tunjukkan Angka sesuai jumlah gambar tertentu.
  5. Menggunakan kartu angka bergambar

Kartu angka bergambar adalah kartu yang berisi lambang bilangan disertai gambar yang jumlahnya sesuai dengan lambang bilangan yang tertulis pada kartu tersebut. Kartu angka bergambar ini merupakan media yang dapat membantu mengenalkan angka

Langkah – langkah penggunaan media kartu angka bergambar

1. Guru mengajak anak untuk bernyanyi

2. Guru mengajak anak untuk berhitung 1-10

3. Guru membagi kelompok menjadi 2 kelompok

4. Guru mengatur posisi duduk anak yaitu masing – masing kelompok membentuk posisi lingkaran

5. Setiap anak memegang kartu angka bergambar

6. Guru meminta setiap anak maju ke depan menghitung jumlah gambar yang dipegangnya, dimulai dari kelompok yang pertama

7. Guru meminta anak untuk menuliskan lambang bilangan di papan tulis berdasarkan jumlah gambar yang di hitung tadi.

TK Swasta Guang Ming Medan, Kec. Medan Petisah Kel.Seiputih Tengah – Sumatra Utara

Selain dengan cara tersebut di atas guru juga menggunakan cara dengan meminta anak untuk berlomba – lomba mencari kartu angka yang guru acak terlebih dahulu. Kemudian anak diminta unyuk menghitung jumlah gambar dan menuliskan lambang bilangannya di papan tulis. Anak yang menang akan diberi bintang 4.

Dalam melaksanakan langkah – langkah pengenalan angka melalui media kartu angka bergambar, terdapat beberapa hambatan yang dirasakan oleh guru. Hambatan atau kesulitannya adalah daya tangkap atau kemempuan berfikir masing – masing anak berbeda, ada yang cepat menangkap apa yang disampaikan oleh guru, ada juga yang lambat dalam menangkap pembelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh sebab itu guru perlu melakukan kerja yang ekstra atau strategi yang lebih baik dalam memberikan pemahaman pembelajaran khususnya mengenai angka pada anak. Dengan begitu tugas pertembangan anak dapat terpenuhi sesuai dengan tingkat usia. Tujuan pengenalan angka sejak dini diharapkan bisa memberikan pemahaman terkait kecerdasan kognitif.

 Penulis : Natalina Simanullang, S.Pd. TK Swasta Guang Ming Medan, Kec. Medan Petisah Kel.Seiputih Tengah – Sumatra Utara

Related posts