Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Pop It Pada Anak Usia 5-6 Tahun.

Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Pop It Pada Anak Usia 5-6 Tahun

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagaimana yang dinyatakan dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (pasal 1 butir 14) adalah  upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap  memasuki pendidikan selanjutnya.

Salah satu lingkup perkembangan yang harus dicapai anak usia 3 – 6 tahun adalah kemampuan kognitif, yang terdiri   dari pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran, pola serta konsep bilangan. Oleh karena itu kemampuan dasar matematika seperti mengenal konsep bilangan perlu dirangsang dan dikembangkan sejak dini, sehingga anak dapat berpikir logis dan sistematis, bermanfaat sebagai bekal kesiapan mental anak dalam mengikuti pembelajaran konsep matematika yang lain pada jenjang pendidikan berikutnya.

Dari pengamatan di TK Negeri Satu Atap STM Hilir peneliti menemukan sebagian besar anak didiknya belum memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan dengan baik, misalnya anak belum mampu menyebutkan urutan bilangan secara tepat dan urut, belum mampu memasangkan bilangan dengan gambar, belum mampu mengambil benda sesuai jumlah yang diminta guru, belum mampu menggunakan alat permainan sebagai konsep belajar anak dalam mengenal bilangan, disamping itu cara mengajar serta alat-alat pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga  kegiatan pembelajaran kurang menarik.

Read More

Permainan Pop It diyakini dapat memotivasi anak untuk belajar melalui kegiatan bermain pembelajaran lebih menarik, sehingga anak lebih bergembira dan bersemangat belajar mengenal konsep bilangan dengan benda dan bentuk lambang bilangan/matematika.

Murid TK Negeri Satu Atap STM Hilir, Kab.Deli Serdang Prov.Sumatera Utara belajar konsep bilangan

Berdasarkan    uraian    tersebut    di atas, serta mengingat pentingnya mengenal konsep bilangan sejak usia dini maka perlu dilakukan penelitian dengan judul  “Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Pop It Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di TK Negeri Satu Atap STM Hilir Kabupaten Deli Serdang”. Manfaat praktis dari penelitian ini adalah untuk melatih keterampilan guru dalam mengajarkan matematika serta membangkitkan kreativitas guru dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

Menurut Harjanto (2011:11-18) dalam  eksperimennya  menyatakan bahwa :

  1. Angka  adalah  simbol  yang       mewakili jumlah, untuk dapat menguasainya maka anak harus mengingat bentuk dari masing-masing Hanya ada sepuluh simbol dasar yaitu : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 0
  2. Bilangan adalah jumlah yang menunjukkan banyaknya benda/peristiwa saat dihitung, untuk dapat menguasainya maka anak harus memahami konsep dari masing-masing

Piaget (dalam Sujiono Nurani 2011:144) mengatakan bahwa : “Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan berulang-ulang dan menimbulkan kesenangan/kepuasan pada diri  seseorang”.

Permainan di PAUD tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial emosional. Kegiatan pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan    pada anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Manfaat bermain bagi anak usia dini adalah dapat merangsang seluruh aspek perkembangannya, melalui bermain anak akan lebih mudah menerima semua proses dan hasil pembelajaran karena pembelajaran dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan, sukarela  dan tanpa paksaan.

Dengan bermain Pop It kegiatan  pembelajaran akan lebih menarik, karena anak menyukai bentuk Pop It yang warna warni dan cara memainkan Pop It dengan menekan bulatan satu persatu sambil anak menyebutkan bilangannya dan permainan Pop It ini dapat melatih Motorik Halus anak dengan anggota tubuh yaitu tangan dan jari tangan anak agar tidak kaku serta melatih konsentrasi anak antara motorik halus dengan kognitifnya, sehingga anak lebih bergembira dan bersemangat dalam belajar mengenal matematika. Melalui permainan Pop It diharapkan dapat melatih dan meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan (angka).

Semoga info diatas bermanfaat bagi kita semua.

Penulis Christina Isabella S.Pd, TK Negeri Satu Atap STM Hilir, Kab.Deli Serdang Prov.Sumatera Utara

Related posts