Mengenalkan Alat Musik Sederhana Pada Anak Usia Dini Di TK Gunungjati – Semarang.

Mengenalkan Alat Musik Sederhana Pada Anak Usia Dini Di Tk Gunungjati Di Semarang

RadarJateng.com, Pendidikan Musik adalah suatu alunan yang terdiri dari gabungan beberapa nada alat musik yang tersusun beraturan sesuai dengan keinginan kita . Semua orang tentunya akan menikmati dan mencoba berkreasi sesuai dengan kemauan.

Setiap orang bisa memainkan sebuah alat musik baik secara bersama-sama maupun sendiri dan dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Untuk  anak sendiri memainkan alat musik dapat dilakukan dengan cara mengenalkan sebuah alat musik terlebih dahulu . Akan lebih baik lagi mengenalkannya semenjak usia dini.Alat musik yang dapat kita kenalkan ke anak-anak yaitu alat musik sederhana.

Read More

Pada dasarnya untuk alat musik yang sederhana tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan alat musik bagi orang dewasa yang terdiri dari berbagai sumber suara seperti : alat musik pukul, alat music tiup, alat music petik, alat music dan sebagainya. Hanya saja untuk anakanak kita  mengenalkan hanya berdasarkan suara ataupun bentuk wujud dari alat tersebut.

Anakanak sangat antusias mengenal musik

Anak-anak akan cepat mengenal ataupun mendengarkan alat musik sederhana yang kita mainkan, misalnya pianika kita tiup, drum kita pukul, gitar kita petik suara- suara dari alat music tersebut akan secara otomatis akan didengar oleh anak.

Dengan alat musik akan membantu anak dalam mengontrol emosi anak. Alat musik juga bermanfaat sebagai alat belajar yang berguna bagi tumbuh kembang anak.

Manfaat mengenalkan alat musik pada anak usia dini adalah dapat mengembangkan motorik kasar dan halus pada anak, dapat untuk tumbuh kembang otak pada anak, alat musik juga membuat anak bebas berekspresi misalnya , menyanyi, dan menari dapat merangsang  kreativitas anak sehingga kelak dia mampu menyumbangkan ide- ide inovatifnya, alat musik juga  dapat meningkatkan kepekaan indera pendengar anak, dan dapat melatih kemampuan daya tangkap ingat anak.

Penulis, Yusita Sofyani S.Pd, TK GUNUNGJATI, Jl. Gunungjati Raya 1 No 1 Semarang – Jateng

Related posts