Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Putra Jaya Kec. Kraksaaan Kab. Probolinggo – Jatim.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Putra Jaya Kec. Kraksaaan Kab. Probolinggo – Jatim

RadarJateng.com, Pendidikan Mengenal angka melalui media kartu angka. Kegiatan Pembelajaran yang menyenangkan tanpa mengabaikan nilai-nilai pendidikan sangat dibutuhkan untuk memperkuat kecerdasan generasi penerus bangsa. Hal-hal yang monoton tentunya dapat cepat membuat seseorang bosan untuk menyerap ilmu yang diajarkan, tak terkecuali pada anak-anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak. Anak-anak seusia mereka tentunya membutuhkan pola pembelajaran yang efektif dalam menyerap ilmu tanpa mengurangi kesenangan mereka mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekitarnya.

Salah satu bentuk metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak TK adalah belajar mengenal konsep bilangan  dengan media kartu angka. Kartu angka sendiri merupakan media belajar  dalam bentuk sebuah kartu tebuat dari kertas warna yang di bentuk menyerupai es agar lebih menarik yang masing-masing kartunya terdiri dari angka 1-10, kartu angka ini salah satu mengenalkan konsep bilangan pada anak. Kartu angka ini memiliki fungsi membentuk daya pikir anak dalam mengenal angka. kartu angka juga di bentuk dengan kertas berwarna benda yang memiliki cara mengenal angka .pengenalan konsep bilangan bertujuan mengembangkan pemahaman anak terhadap bilangan dan operasi bilangan dengan benda benda kongkrit sebagai pondasi yang kokoh pada anak untuk mengembangkan kemampuan matematika pada tahap selanjutnya.

Media Kartu Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Putra Jaya Kec. Kraksaaan Kab. Probolinggo – Jatim.

Dalam meningkatkan serta memperbaiki proses pembelajaran berhitung,selain itu juga di harapkan bagi peneliti lain dapat mengembangkan penggunaan media atau pendekatan lain guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga tercipta suasana pembelajaran yang kreatif dan lebih baik

Read More

Sebanyak 4 anak dari 10 anak kelompok A di TK PUTRA JAYA memiliki persoalan kesulitan mengenal angka. Untuk yang lain  dapat mengenal angka dengan baik. Meski demikian, daya pikir anak tidak boleh disamaratakan. Masing-masing anak memiliki kecerdasan sendiri dalam menangkap sesuatu yang ada di sekitar mereka. Anak-anak seusia mereka sangat senang dengan hal-hal yang berbentuk dan warna warni. Oleh karena itu, kartu angka dapat menarik perhatian mereka untuk belajar mengenal angka. Anak-anak kelompok A di TK PUTRA JAYA memiliki kecenderungan yang sama yakni tertarik dengan hal-hal berbau visual. Mereka senang dengan sesuatu yang bergambar dan berwarna. Karenanya, tak sulit untuk menarik perhatian mereka untuk belajar konsep bilangan.

Media Kartu Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Putra Jaya Kec. Kraksaaan Kab. Probolinggo – Jatim.

Penulis mencoba untuk menarik perhatian mereka dengan sesuatu yang mereka sukai. Sebab, dari rasa suka itu akan muncul perasaan ingin tahu terhadap hal yang membuat mereka tertarik. Oleh karena seusia mereka sangat senang dengan hal-hal berwarna dan bergambar dan bentuk yang lucu lucu, penulis mencoba memberikan sesuatu dalam bentuk yang sama untuk belajar berhitung yakni menggunakan kartu angka., kartu angka sudah penulis anggap sebagai media yang tepat untuk belajar mengenal angka.

Menurut Djamarah media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Menurut Tadkirotun 2021 kartu angka merupakan fasilitas penting dalam pembelajaran di sekolah karna bermanfaat untuk meningkatkan perhatian anak dengan alat peraga kartu.anak di ajak secara aktif memperhatikan apa yang di ajarkan guru.

Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Putra Jaya Kec. Kraksaaan Kab. Probolinggo – Jatim.

Pertama, penulis mengarahkan anak-anak di ajak bermain dadu ,kemudian menghitung  gambar yang ada pada dadu tersebut jika yang muncul angka 4 anak menyebutkan angka 4 dan anak mencari dan menunjukkan angaka 4 itu dengan kartu angka, Maka penulis mengarahkan mereka untuk mengenal angka dengan kartu angka untuk anak mudah mengingatnya. Secara tidak langsung jika mereka sering melihat kartu angaka mereka akan ingat bahwa penulisan angka.

Hadirnya kartu angka terbukti efektif meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok A di TK PUTRA JAYA. Sebelumnya, 4 dari 10 anak yang kesulitan mengenal angka kini perlahan mulai bisa menunjukkan mana yang angka 5 angak 4 dst. meski beberapa dari mereka masih harus diselingi dengan gambar yang berhubungan dengan berhitung banyaknya benda kongkrit. Meski demikian, kartu angka sangat efektif jika dijadikan media untuk membangun kemampuan mengenal angka pada anak.

Penulis : IRAWATI,S.Pd, TK PUTRA JAYA, Kec. Kraksaan, Kab. Probolinggo Jawa timur

Related posts