Pembentukan Karakter Dengan Membiasakan Berbaris Sebelum Masuk Kelas

Kegiatan Berbaris Siswa TK Muslimat NU Jatibarang

RadarJateng.com, PendidikanPendidikan Anak Usia  Dini merupakan awal pondasi untuk meneruskan kehidupan selanjutnya, merupakan momen emas dimana perkembangan anak usia dini berkembang sangat pesat pada usianya. Dan sangat efektif untuk menanamkan berbagai ilmu yang bermanfaat. Anak usia dini sebaiknya diberikan pendidikan sebagai pondasi yang kuat untuk kehidupannya di masa mendatang. Nilai-nilai yang dibiasakan oleh orang tua sejak kecil tentu akan senantiasa diingat setelah beranjak dewasa. Itulah pentingnya pendidikan karakter anak usia dini.

Pendidikan karakter bertujuan agar anak bisa menerapkan berbagai hal-hal yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Pendidikan ini sangat penting untuk membentuk moral dan akhlak anak. Pendidikan karakter juga menjadi penting agar seorang anak memiliki karakter yang kuat dan kompetensi yang tinggi.

Salah satu penanaman pendidikan karakter pada anak usia dini adalah dengan kegiatan berbaris sebelum masuk kelas. Untuk menjaga ketertiban dan kedisiplinan siswa saat memasuki ruang kelas, maka sebelum kegiatan belajar dimulai siswa berbaris terlebih dahulu di depan kelas.

Read More

Berbaris didepan kelas merupakan salah satu cara untuk membiasakan diri dan menanamkan sikap disiplin siswa, setelah siswa disiapkan oleh guru kemudian bernyanyi dan merentangkan tangan serta berhitung sesuai barisan selanjutnya bersalaman dengan guru ketika memasuki ruang kelas.Ada beberapa manfaat berbaris sebelum masuk kelas antara lain :

  1. Melalui kegiatan berbaris sebelum masuk kelas akan melatih anak untuk disiplin dan mengajarkan anak untuk sabar dalam mengantri karena dengan berbaris sebelum masuk kelas anak tidak akan berdesak-desakan dan dan saling mendahului ataupun berlari sehingga akan terlihat rapi.
  2. Menjadi Teladan. Meniru sesuatu yang tidak baik tentu jauh lebih mudah, saat berlatih berbaris rapi anak-anak akan terbiasa bersikap disiplin, disini karakter mereka akan mulai terbentuk. Menjadi baik dan untuk mampu memberikan contoh yang baik tentu memerlukan latihan. Saat berbaris, anak-anak yang sudah berlatih disiplin akan mampu menjadi teladan bagi teman-teman mereka. Anak-anak yang sudah mampu memberikan teladan tentu akan lebih mandiri dan pintar dalam menentukan sikap mereka.

Penulis : Tati Inayah, S. Pd

TK Muslimat NU Jatibarang

Related posts