Pembelajaran Saintifik Anak PAUD Melalui Kegiatan Membuat Wedang Jeruk

Foto : Membuat Wedang Jeruk Bersama Di Sekolah

RadarJateng.com, Pendidikan – Didalam Kurikulum 2013 PAUD terdiri dari beberapa pendekatan yang bisa digunakan didalam pembelajaran PAUD, yaitu (1) Tematik integrative, (2) Saintifik, (3) Bermain kreatif, dan (4) Kecerdasan jamak. Dalam hal ini tematik integratif dan saintifik merupakan pendekatan utama yang harus digunakan dalam pengembangan kegiatan belajar melalui bermain terutama bagi anak usia 3-4 tahun dan usia 4-6 tahun di lembaga satuan PAUD.

Pendekatan saintifik (scientific approach) adalah model pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data kemudian mengkomunikasikan (Kemendikbud, 2014). Menurut Seefeldt dan Barbour (1994:490-492) menyebutkan bahwa kemampuan sains proses pada anak usia dini, diantaranya : kemampuan mengamati, mengklasifikasikan, menarik kesimpulan, mengkomunikasikan dan mengaplikasikannya berdasarkan pengalaman sains yang diperolehnya. Sains dapat mengajak anak berpikir kritis, karena dengan sains anak tidak begitu saja menerima atau menolak sesuatu.

Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik diarahkan agar peserta didik mampu merumuskan masalah (dengan banyak menanya), bukan hanya menyelesaikan masalah dengan menjawab saja. Proses pembelajaran diharapkan diarahkan untuk melatih berpikir analitis (peserta didik diajarkan bagaimana mengambil keputusan) bukan berpikir mekanistis (rutin dengan haya mendengarkan dan menghafal semata (Majid, 2014).

Read More
Foto : Membuat Wedang Jeruk

Banyak kegiatan untuk anak usia dini yang bersifat saintifik. Salah satunya adalah kegiatan membuat Wedang Jeruk bersama di sekolahan. Berikut uraianya.

Foto : Proses Membuat Wedang Jeruk

Kegiatan Membuat Wedang Jeruk Bersama di Sekolah Berbasis Saintifik

  1. Mengamati

Anakanak mengamati bahan – bahan apa saja untuk membuat wedang jeruk

  1. Menaya

Anakanak menayakan apa saja bahan – bahan membuat swedang jeruk

  1. Mengumpulkan Informasi

Anakanak mengumpulkan informasi tentang bahan – bahan membuat wedang jeruk

  1. Menalar

Anakanak menalar tentang bahan – bahan membuat wedang jeruk

  1. Mengkomunikasikan

Dan anakanak mengkomunikasikan tentang bahan – bahan membuat wedang jeruk

Demikian Semoga Bermanfaat

Penulis : Siti Muntiah,S.Pd, TK Dharma Wanita Bogotanjung

 

Related posts