Melatih Motorik Halus Anak PAUD Dengan Permainan Sederhana

Foto : Kegiatan Bermain Menggambar & Mewarnai

RadarJateng.com, Pendidikan – Demi mendukung kemandirian buah hati,kemampuan motoric halus si kecil harus di bangun dan distimulasi dengan benar. Meski terkesan sepele namun kemampuan tersebut sangat diperlukan untuk tumbuh kembang mereka.

Kemampuan motoric halus adalah kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh yang melibatkan syaraf tulang dan otot,untuk melakukan aktifitas tertentu. Kebanyakan aktifitas ini melibatkan jari-jari tangan dan kaki.

Untuk mendapatkan kemampuan motoric halus yang baik anak harus memiliki kekuatan koordinasi dan kemampuan untuk menggerakkan otot-otot dijari tangannya dan kakinya dengan baik. Kemampuan motoric halus anak bisa mulai dilatih saat ia berusia 1-2 tahun.

Read More

Berikut ini adalah beberapa permainan sederhana yang bisa melatih motoric halus anak PAUD :

  1. Menggambar dan mewarnai

Tujuan anak usia PAUD mewarnai dan menggambar bukan sekedar meningkatkan imajinasi dan kreatifitas. Namun,kegiatan ini juga menjadi latihan pertama anak untuk memegang pensil dengan benar. Goresan tangan anak saat memegang krayon memerlukan koordinasi mata dan otot halus tangan.

  1. Bermain playdoh

Playdoh atau lilin lunak dapat merangsang motoric halus anak. Saat anak meremas dan membentuk playdoh menjadi sebuah bentuk, maka otot-otot tangan dan mata dapat berkoordinasi sehingga dapat berkembang dengan baik.

  1. Melipat kertas/origami

Kegiatan melipat/origami dapat menguatkan otot-otot jari dan tangan. Anak-anak dapat mulai melipat sendiri dengan lipatan-lipatan sedrhana dulu. Misal, melipat satu langkah lipatan (persegi panjang,segitiga)

  1. Menggunting kertas

Bisa diawali dengan menggunting kertas berwarna secara bebas. Lalu tahapannya ditingkatkan dengan cara menggunting bentuk bulat, persegi ataupun segitiga yang digambar dikertas. Kegiatan ini dapat melatih koordinasi tangan dan mata,stimulasi kekuatan jari,melatih kesabaran,meningkatkan percaya diri serta ketelitian

  1. Meronce

Meronce adalah kegiatan memasukkan benda-benda dengan berbagai bentuk bisa dengan manik-manik,sedotan,maupun benda,benda dari bahan alam kedalam seutas benang. Kegiatan ini dapat melatih kekuatan otot jari tangan.

Penulis: Asrifah, S.Pd

Related posts