Pentingnya Senam Gerak Badan Sebelum Pembelajaran PAUD

Foto :Pentingnya Senam Gerak Badan Sebelum Pembelajaran PAUD

RadarJateng.com, PendidikanPendidikan Taman Kanak-kanak bertujuan membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai agama, sosial, emosional, kemandirian, kognitif, bahasa, fisik motorik, serta seni untuk siap memasuki pendidikan Sekolah Dasar. Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan suatu lembaga pendidikan formal untuk anak sebelum memasuki ke jenjang pendidikan selanjutnya. Lembaga ini dianggap penting untuk  mengembangkan  potensi  anak secara optimal.

Motorik adalah semua gerakan yang mungkin dapat dilakukan oleh seluruh tubuh. Sedangkan motorik kasar adalah kemampuan gerak tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh motorik kasar di perlukan agar anak dapat duduk, menendang, berlari, naik   turun tangga dan sebagainya (Sunardi dan  Sunaryo, 2007:113-114).

Pemenuhan aktivitas-aktivitas kemandirian, aktivitas bermain, dan keterampilan dalam pendidikan Taman Kanak-kanak akan maksimal dan baik jika diiringi dengan perkembangan motorik kasar. Melalui keterampilan motorik yang baik, khususnya motorik kasar, anak dapat melakukan aktivitas mandirinya dengan baik, dapat melakukan gerakan-gerakan permainan seperti berlari, meloncat, dan dapat melakukan keterampilan berolahraga dan keterampilan baris-berbaris yang diajarkan dalam pendidikan Taman Kanak-kanak yang diikutinya. Jika keterampilan motorik kasar anak kurang baik, tidak hanya pemenuhan kemandirian aktivitasnya yang terlambat, akan tetapi hal itu juga berdampak kepada perkembangan anak yang lain seperti aktivitas sosial serta perkembangan konsentrasinya. Perkembangan motorik kasar yang baik, tidak hanya didukung melalui pemenuhan status gizi saja, akan tetapi didukung juga oleh motivasi yang diberikan.

Read More

Banyak cara untuk mengembangkan fisik motorik anak salah satunya dengan senam. Senam merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat dikembangkan anak. Gerakan-gerakan senam dapat mendukung perkembangan jasmani anak seperti kekuatan dan daya tahan otot. Metode yang dapat digunakan oleh guru dalam peningkatan motorik kasar anak adalah melalui senam.

 5 [ lima ] Manfaat Senam untuk Kesehatan Fisik Anak

Tubuh anak-anak masih memiliki kelenturan yang baik. Karena itu, mereka akan lebih mudah mengikuti berbagai gerakan senam anak sehat. Tapi apa saja manfaat senam untuk anak? Simak efek positif senam untuk perkembangan fisik anak di bawah ini :

Mengembangkan kemampuan motorik

Senam untuk anak adalah salah satu kegiatan kegiatan yang paling berpengaruh dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak anak. Senam juga membantu anak jadi lebih sehat dan kuat, daya tahan ototnya pun berkembang.

Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

Dengan melakukan senam anak sehat, anak bisa melatih kelincahan, kelenturan tubuh, serta koordinasi antar tungkai (tangan dan kaki). senam yang dilakukan dengan benar sesuai dengan usia anak-anak memiliki banyak manfaat lho.

Dari segi kesehatan saja, sudah pasti senam dapat membantu Si Kecil terhindar dari berbagai risiko penyakit seperti obesitas. Tak hanya itu, masih banyak manfaat senam bagi anak, apa saja ya?

1.Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Ternyata dengan mengikuti senam, Si Kecil secara tak langsung akan dilatih untuk berpikir kreatif atas masalah-masalah geraknya.

Dengan kata lain, mentalnya akan terlatih untuk melatih kemampuan problem solving alias menyelesaikan masalah. Konsep diri yang positif juga akan semakin berkembang karena ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk bergerak sesuai instruksi atau gerakan yang benar.

2.Memperkuat Otot

Gerakan senam pada anak juga terbukti mampu memperkuat otot punggung dan perut anak. Sehingga mereka yang telah terbiasa bergerak lincah ini tidak akan mudah cedera sejak dini saat melakukan aktifitas seperti melompat atau berlari.

3.Merangsang Motorik

Dengan melakukan senam, Si Kecil akan mendapatkan rangsangan sensor dan motorik yang lebih baik. ta hanya itu, suara dan musik yang mereka dengar saat senam akan mampu menstimulasi kemampuan audionya.

Bahkan ketika dilakukan di tempat senam yang penuh dengan lampu, maka lampu-lampu tersebut akan merangsang matanya. Hal-hal tersebutlah yang akan membuat panca inderanya semakin terlatih.

4.Membangun Kepercayaan Diri

Senam yang dilakukan Si Kecil dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka karena olahraga akan mampu membuat mereka menjadi optimis melalui pengembangan keterampilan.

5.Melatih Keseimbangan dan Konsentrasi

Latihan senam pada Si Kecil akan mampu melatih keseimbangan tubuhnya. Keseimbangan sangat penting terutama saat mempersiapkan si kecil untuk mampu berdiri, melompat, berlari dengan benar.

Tak hanya itu senam juga mampu melatih konsentrasinya. Dengan gerakan-gerakan yang harus tepat membuat anak fokus dengan apa yang ia lakukan. Selain itu, keseimbangan tubuh pun akan ikut terlatih karena banyak gerakan yang membuat tubuh harus tetap seimbang.

6.Sosialisasi

Saat kita mengirimnya ke tempat olahraga yang penuh dengan teman sebaya, Si Kecil akan mulai terbiasa untuk bersosialisasi dengan membangun keberanian untuk berinteraksi dengan orang lain.

Hal ini akan baik bagi kehidupan sosialnya, karena ia bisa tumbuh menjadi sosok yang lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

Dengan segala manfaat ini, tidak perlu ragu lagi untuk mengajak anak senam ya

10 Manfaat senam bagi tubuh

Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, berikut adalah 10 manfaat senam bagi tubuh:

  1. Memperbaiki keseimbangan fisik

Manfaat senam irama yang pertama adalah dapat memperbaiki keseimbangan fisik. Sebab, setiap gerakan yang diciptakan untuk cabang senam ini memiliki struktur yang konsisten, di mana berefek pada peningkatan keseimbangan tubuh.

  1. Menurunkan berat badan

Selanjutnya, manfaat melakukan senam irama adalah dapat membantu menurunkan berat badan karena gerakan senam ini bisa mempercepat proses pembakaran lemak.

  1. Menguatkan otot

Manfaat senam irama berikutnya adalah menguatkan jaringan otot pada tubuh dan membuatnya menjadi lebih lentur. Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, pun mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

  1. Merawat kesehatan tulang

Saat melakukan gerakan senam irama, Anda akan bertumpu sendiri guna menopang beban tubuh. Secara tak langsung, hal ini melatih kekuatan dan kesehatan tulang yang kemudian berdampak pada kecilnya kemungkinan tulang mengalami sejumlah masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

5.Mengoptimalkan fungsi otak

Salah satu manfaat melakukan senam irama adalah mengoptimalkan dan merawat fungsi otak. Sebab, gerakan senam dan alunan musik diklaim efektif menurunkan kadar epineprin dan kortisol.  Kedua hormon itu menjadi faktor pencetus stres. Nah, lewat senam irama, epineprin dan kortisol kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin.

  1. Mencegah timbulnya penyakit

Manfaat senam irama adalah menjaga tubuh agar senantiasa bugar. Tubuh yang bugar membuatnya lebih tahan terhadap penyakit, dari mulai penyakit ringan hingga berat sekalipun, seperti radang paru-paru, jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

  1. Menyehatkan jantung

Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Terkadang gerakan senam irama bisa melambat lalu berubah menjadi cepat sesuai dengan tempo lagu yang digunakan.  Tanpa disadari, hal ini menghasilkan manfaat senam irama untuk kesehatan jantung.  Baca Juga: Inilah 4 cara mengecilkan perut yang mudah untuk dicoba

  1. Membangun kepercayaan diri

Dari perspektif kesehatan mental, manfaat melakukan senam irama ternyata bisa membangun kepercayaan diri. Hal ini lebih terkait dengan efek sugesti, di mana seseorang yang berhasil menguasai teknik senam irama dengan baik tanpa disadari jadi lebih percaya diri dan merasa senang.

  1. Memiliki pola hidup aktif

Manfaat senam irama adalah melatih seseorang bergerak lebih aktif bergerak sehingga kebugaran tubuh dan kesehatan mental tetap terjaga.

  1. Menghilangkan stress

Stres adalah kondisi alamiah yang bisa menimbulkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh. Nah, salah satu manfaat melakukan senam irama adalah dapat membantu menghilangkan stres karena timbulnya suasana riang dan penuh energi yang dihasilkan dari kegiatan tersebut

Penulis : Nisfulaili, S. Pd

 

 

Related posts