Permainan Papan Magic Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Xii Krecek, Kediri – Jawa Timur.

Mengenal Huruf Vokal Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Xii Krecek, Kediri - Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Harun Rasyid dalam (Rizky, 2017) mengemukakan bahwa kemampuan mengenal huruf merupakan bagian penting dari fase perkembangan berbahasa anak. Anak berproses merekam bermacam tipe bunyi huruf dan wujud huruf yang didengar serta dilihatnya dari lingkungan. Kemampuan mengenal huruf vokal mempunyai makna kemampuan dalam membedakan bentuk serta bunyi dari setiap huruf dan sanggup menyebutkan dan menunjuk huruf. Pengenalan huruf vokal untuk anak sangat berarti sebab huruf-huruf vokal diperlukan untuk menyambung huruf ataupun rangkaian huruf dari kumpulan konsonan yang dijadikan satu kata (Karoma, 2019)

Di TK AISYIYAH XII KRECEK, permasalahan yang dihadapi adalah banyaknya anak-anak yang masih belum mengenal huruf vokal dan mengalami kesulitan dalam mengingat huruf vokal. Berdasarkan presepsi yang ada di TK AISYIYAH XII KRECEK ditemukan permasalahan, yaitu kurangnya kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal.

Permasalahan tersebut terjadi karena belum adanya media pembelajaran yang cocok dengan anak dalam belajar mengenal huruf vokal. Pembelajaran mengenal huruf vokal di TK AISYIYAH XII masih sering menggunakan media buku tulis dan kartu huruf. Pada latihan mengingat yang disampaikan mungkin lebih menonjolkan perhatian pada menulis bukan pada mengingat dan menyebutkan huruf. Bahkan dengan media ini, masih banyak anak yang kesulitan memahami huruf vokal dan melafalkannya dengan benar. Berdasarkan masalah tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa anak-anak membutuhkan media pembelajaran dan permainan yang menarik untuk membantu proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia dini.

Read More

Pemanfaatan media pembelajaran anak usia dini atau alat permainan yang menarik merupakan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Media pembelajaran merupakan bagian dari aset pembelajaran yang berisi materi pelatihan pendidikan yang dimaksudkan untuk memacu anak-anak belajar. Kemampuan dan sasaran penerapan media pembelajaran dalam membina kemampuan mental anak. Media merupakan sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat menarik perhatian, minat, pikiran dan perasaan peserta didik dalam kegiatan belajar agar tercapai tujuan pembelajaran tertentu. Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan pada proses belajar mengajar, media juga dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Cut Maranda, dkk (2021).

Media Papan Magic Huruf

Media papan magic huruf merupakan pengembangan dari media papan pintar. Media papan magic huruf adalah salah satu media yang efektif untuk menyajikan dan menyampaikan pesan secara visual melalui tulisan huruf yang tidak terlihat. Saat belajar mengenal huruf bermain game papan magic huruf tulisan akan terlihat jika anak-anak mencari dengan kertas karton putih yang bertujuan mengembangkan kemampuan bahasa, emosional anak, dan anak dapat berpikir kritis dalam pemecahan masalah mencari huruf vokal.

Karena karakteristik anak usia dini pada umumnya berbeda maka guru membuat alat permainan edukatif papan magic huruf dalam pengenalan dan pembelajaran huruf vokal pada anak kelompok A. Dalam kegiatan pembelajaran untuk huruf anak kelompok A masih dalam tahap pengenalan, dan disini anak-anak masih bingung membedakan antara huruf vokal dan huruf konsonan, agar kata dapat berbunyi maka anak diharapkan dapat menggabungkan huruf konsonan dan huruf vokal, sebelumnya anak harus mengenal 5 huruf vokal terlebih dahulu

Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini tentunya harus disesuaikan dengan tahap perkembangannya, karakteristik setiap anak berbeda dalam memahami dan menangkap pembelajaran. Dalam upaya guru mengenalkan huruf terutama huruf vokal guru membuat inovasi pembelajaran agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru bersama anak-anak lebih bermakna, menyenangkan dan berpusat pada anak.

Dengan bermain papan magic huruf untuk pembelajaran huruf  vokal yang tadinya anak-anak kesulitan dalam mengingat, mengenal, dan membedakan huruf vokal, anak-anak menunjukkan peningkatan yang signifikan, anak-anak lebih cepat mengangkap pembelajaran jika pembelajaran yang dilakukan membuat anak senang dan tidak membosankan.

Kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini  menggunakan alat permainan edukatif papan magic huruf terbukti efektif terutama dalam pengenalan huruf vokal.

DAFTAR PUSTAKA

  • Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. JECED: Jurnal of Early Childhood Education and Development, VOL 1 NO.1.
  • Rizky, R. (2017). Pengenalan Huruf Vokal Terhadap Anak Usia Dini Dengan Media Audio Visual. Jurnal Tarbiyah, Vol XXIV, No 1, Januari-Juni
  • Maranda Cut. (2021). Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun. UIN AR-RANIRY. Skripsi:2021.

Penulis, Agustin Wahyu Lestari, S.Pd Guru TK Aisyiyah XII Krecek, Kediri– Jawa Timur

Related posts