Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf Pada TK DWP XI Ketegan, Pasuruhan – Jawa Timur.

Media Pohon Huruf Pada TK DWP XI Ketegan, Pasuruhan – Jawa Timur.

RadarJateng.com, Pendidikan – Abstrak. Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A Tk DWP XI KETEGAN Kabupaten PASURUAN melalui media Pohon Huruf. Subjek observasi ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal huruf dapat ditingkatkan melalui permainan pohon huruf. Anak-anak diajak bermain pohon huruf, menyebutkan huruf yang ada pada kartu, menyebutkan gambar benda kemudian menyebutkan huruf depannya.

Pendahuluan

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang diperuntukan bagi anak-anak sebelum memasuki pendidikan pada janjang Sekolah Dasar. Pendidikan anak usia dini sangat penting bagi anak, sebagai bekal persiapan pada jenjang pendidikan berikutnya. Maimunnah Hasan (2009: 15) mengungkapkan bahwa pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Read More

PAUD terutama pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan pendidikan yang penting sebagai wadah untuk membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak secara optimal sehingga terbentuk perilaku  dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangan agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selnjutnya (Trianto, 2010: 24).

Metodologi

Permainan kartu huruf adalah permainan yang menggunakan alat berupa kartu berbentuk persegi panjang yang terbuat dari kertas tebal. Kartu memiliki dua sisi, sisi yang pertama terdapat tempelan huruf dan sisi yang kedua terdapat tulisan hurufnya. Permainan ini mengajak anak untuk belajar mengenal huruf yang terdapat pada pohon  huruf.

Langkah-langkah dalam permainan kartu huruf adalah sebagai berikut ini:

  1. Anak terkondisikan duduk membentuk lingkaran di karpet.
  2. Mengenalkan huruf-huruf pada anak-anak
  3. Anak mengambil sebuah kartu huruf, amatilah kartu huruf dan menyebutkan huruf tersebut kemudian kartu huruf itu di letakkan pada pohon huruf, huruf apa yang tertera pada kartu huruf.

Pembahasan

Kemampuan mengenal huruf adalah kemampuan anak dalam mengetahui atau mengenal dan memahami tanda-tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan huruf-huruf abjad dalam melambangkan bunyi bahasa. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kemampuan, yang pertama anak dapat mengetahui huruf abjad, hal ini dapat dilihat pada kemampuan anak menyebutkan simbol huruf a-z dengan benar. Kedua, anak dapat memahami huruf, hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak saat memaknai huruf sehingga anak mampu menyebutkan huruf depan dari sebuah kata dengan benar.

Anak usia dini merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahap kehidupan yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar 9 pengembangan maupun fisik, bahasa, sosial-emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0 sampai 6 tahun. Anak usia dini dipandang memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak usia di atasnya, sehingga pendidikannya dipandang perlu untuk dikhususkan (Slamet Suyanto, 2005: 1). Usia dini merupakan usia yang tepat bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi diri. Pengembangan potensi pada diri anak perlu dikembangkan sesuai dengan tahapan dan karakteristik anak sehingga potensi anak berkembang dengan optimal.

Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengenalkan huruf pada anak salah satunya adalah pohon huruf. Pohon huruf merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi anak pada dimensi auditori, visual dan memori.

Penutup

Kemampuan mengenal huruf anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan media buku huruf. Selain berisi kata, agar media pohon huruf ini memiliki makna, maka dalam pohon tersebut diberi gambar yang sesuai dengan kata yang ditulis. Bermain pohon huruf diawali dengan mengenalkan pohon huruf terlebih dahulu kapada anak dan cara menggunakannya. Melalui bermain huruf yang ada di pohon huruf, anak dapat mengenal bentuk dan bunyi huruf atau bahkan dapat menyebutkan kata yang tercantum di dalam pohon huruf tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf dapat ditingkatkan menggunakan media pohon huruf. Pohon huruf dalam penelitian ini sebagai alat peraga yang sangat membantu guru. Hal ini sejalan dengan pendapat Ismail (2014:181) bahwa dengan bantuan alat peraga, guru bukan saja dapat menjelaskan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, juga dapat mencapai hasil yang lebih cepat.

Daftar Pustaka

  • Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  • Hartati, Sofia. 2011. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Edisi terbaru. Jakarta: Depdiknas.
  • Sadiman, Arif dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Penulis, Ninik Matusiidah, S. Pd Guru TK DWP XI Ketegan, Pasuruan – Jawa Timur

Related posts