Mengembangkan Bakat Dan Melatih Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Pentas Seni Di Tk Mardi Siwi Tangkisan Kec.Bayan Kab.Purworejo.

Ibu Guru dan Murid TK Mardi Siwi Tangkisan, Purworejo – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Hampir setiap akhir tahun pembelajaran di TK Mardi Siwi Tangkisan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo mengadakan pentas seni yang menampilkan kemampuan seni anak-anak peserta didik TK Mardi Siwi Tangkisan Kecamatan Bayan. Acara tersebut dilaksanakan karena para pendidik di TK Mardi Siwi Tangkisan Kecamatan Bayan ingin melatih bakat dan rasa kepercayaan anak-anak TK Mardi Siwi Tangkisan Kecamatan Bayan agar dapat lebih berkembang dan meningkat ke arah yang lebih maju.

Para pendidik TK Mardi Siwi Tangkisan Kecamatan Bayan meyakini bahwa mengembangkan bakat dan melatih percaya diri anak usia dini melalui kegiatan pentas seni adalah suatu upaya dan strategi yang sangat efektif dan menyenangkan karena melalui kegiatan pentas seni, anak dapat mengeksplorasi dan mengembangkan potensi kreatif mereka dalam berbagai berbagai bidang seni, seperti musik, tari, teater, dan seni visual. Melalui kegiatan pentas seni anak-anak usia dini dapat mengekspresikan diri mereka dengan melibatkan berbagai bakat yang dimiliki. Seperti bernyanyi, menari, berakting dan sebagainya.

Banyak sekali sisi positif yang dapat diperoleh melalui kegiatan pentas seni diantaranya anak-anak dapat belajar untuk tampil di depan orang banyak, mengatasi rasa gugup, dan memperoleh pengalaman positif dalam mengungkapkan diri sehingga anak-anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dan mendapatkan pengakuan serta apresiasi dari orang lain. Hal ini akan membangun rasa percaya diri anak, karena mereka menyadari bahwa mereka memiliki kemampuan dan nilai yang unik dalam bidang seni. Melalui pentas seni anak usia dini juga dapat belajar menghadapi tantangan dan mengatasi kegagalan. Mereka akan menghadapi persiapan yang intensif, latihan yang berulang, dan berbagai ujian untuk mencapai kesempurnaan dalam penampilan mereka di atas panggung.

Read More
Antusias AnakAnak Pentas Seni Di Tk Mardi Siwi Tangkisan Kec.Bayan Kab.Purworejo

Selain itu kegiatan pentas seni juga dapat membantu anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan sosial dan interaksi dengan orang lain. Anak-anak akan belajar bekerja sama dalam sebuah grup, menghormati peran dan pendapat orang lain serta meningkatkan kemampuan komunikasi mereka. Melalui kegiatan pentas seni, anak-anak akan merasa dihargai dan diakui atas kemampuan dan bakat mereka. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri mereka dan membantu mereka membangun identitas positif. Kegiatan pentas seni juga dapat menjadi suatu media dan cara untuk anak usia dini untuk mengatasi kecemasan dan ketakutan. Mereka akan terbiasa tampil di depan orang banyak menghadapi berbagai macam respon dari penonton baik itu berupa respon positif maupun kritik dari penonton. Hal ini akan membantu anak-anak mengembangkan keberanian dan ketangguhan dalam menghadapi tantangan di kemudian hari.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan pentas seni, anak usia dini juga akan belajar mengatur emosi. Mereka akan belajar mengelola rasa gugup dan tegang sebelum tampil di atas panggung, serta mengontrol emosi mereka ketika mendapat tanggapan atau kritik dari penonton. Inilah kesempatan yang baik bagi anak-anak usia dini untuk belajar mengenali dan mengatur emosi mereka dengan cara yang sehat. Selain itu, melalui kegiatan pentas seni anak-anak juga dapat belajar tentang kedisiplinan dan kesabaran, mereka akan memahami bahwa untuk bisa tampil dengan baik di atas panggung, mereka perlu berlatih, disiplin dan kesabaran, ini adalah pelajaran yang sangat berharga yang dapat membentuk karakter mereka di masa depan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua dan pendidik, penting bagi kita untuk mendukung dan memberikan motivasi keterlibatan anak-anak dalam kegiatan pentas seni. Dengan memberikan dukungan dan pengakuan atas usaha dan pencapaian mereka , maka hal tersebut akan memperkuat rasa percaya diri anak-anak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui kegiatan pentas seni, anak-anak usia dini dapat mengembangkan bakat-bakat dan kemampuan dasar mereka meliputi berbagai aspek perkembangan, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan mereka secara utuh dan meyeluruh.

Penulis, Heni Lestariningsih, S.Pd Guru TK Mardi Siwi Tangkisan, Purworejo – Jawa Tengah

Related posts