Meningkatkan Kemampuan Membedakan Huruf B Dan D Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Girikulon Melalui Media Kotak Pintar.

Melalui Media Kotak Pintar di TK Pertiwi Girikulon Kec.Secang Kab.Magelang– Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Anak Usia Dini  adalah individu yang  utuh dalam berbagai aspek perkembangan fisik  dan psikis,yang memerlukan pelayanan secara menyeluruh. Pada jenjang usia sebelum 6 tahun merupakan masa pendidikan fundamental hal ini disebabkan perkembangan anak di masa selanjutnya ditentukan oleh berbagai stimulasi yang diberikan oleh guru maupun orang tua. Stimulasi yang diberikan diharapkan tepat sehingga memberikan dampak baik terhadap perkembangan Anak Usia Dini.

Dalam Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai tujuan memfasilitasi anak dalam mengembangkan potensi dalam berbagai aspek perkembangan anak yang meliputi aspek nilai sosial emosional,pengetahuan,agama dan moral kemandirian,kognitif,bahasa,ketrampilan dan seni. Bahasa merupakan salah satu kemampuan utama yang sangat penting diperhatikan  pada anak usia dini dalam hal mengenal kata,baik membedakan bentuk huruf maupun angka.

Dalam pembelajaran membedakan bentuk huruf, memang perlu diajarkan setelah melihat betapa pentingnya hal ini .Sebagaimana di TK  Pertiwi Girikulon masih terdapat beberapa anak yang kesulitan membedakan beberapa huruf  dalam pembelajaran di sekolah  diantaranya huruf b dan d. Penggunaan Media pembelajaran  yang tepat adalah mendorong anak untuk bermain sambil belajar ,akan memberikan rasa nyaman  pada anak saat belajar  memahami huruf,ketika anak menyebutkan bunyi huruf  maka anak sudah bisa memahani perbedaan bentuk huruf,mengingat adanya kemiripan bentuk huruf b dan d. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam peningkatan kemampuan  anak dalam  membedakan huruf  melalui permainan dengan  Media Kotak Pintar( Sheila S.Rahayuningsih,Trithahjo D.Soesilo,Mozez Kurniawan)

Read More

Dalam aspek bahasa terutama dalam pembelajaran  mengenal dan membedakan huruf menjadi dasar awal dalam pengembangan literasi anak. Permasalahan Pembelajaran membedakan bentuk huruf di TK Pertiwi Girikulon selama ini disebabkan karena metode yang diberikan masih monoton menggunakan cara-cara lama yang dalam kenyataannya kurang menarik sehingga anak malas dalam mengikuti pembelajaran  dan cenderung bosan, Media yang digunakan adalah media kertas untuk menulis secara berulang ulang ataupun lembar kerja siswa dari majalah juga menulis dengan spidol di papan tulis.

Permainan dengan Media Kotak Pintar adalah salah satu pilihan yang efektif  dan menyenangkan  yang mempunyai manfaat antara lain:1)untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf ,2)Melalui permainan dengan Media Kotak Pintar anak akan terlibat secara aktif  dalam belajar,3)Mengembangkan ketrampilan dan daya ingat yang kuat dalam mengetahui perbedaan bentuk huruf,4) Anak dapat mengerti dan memahami  serta  tidak terbalik dalam menyebutkan huruf ,5)Memacu minat dan semangat belajar anak,6) Memacu Kreativitas Anak 7)Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Antusias AnakAnak Menggunakan Media Kotak Pintar

Sebelum anak memulai permainan,Guru dapat memberikan bimbingan  dan arahan kepada anak dalam cara bermain.Langkah-langkah yang dilakukan dalam permainan Media Kotak Pintar antara lain:1)Menyiapkan Media Kotak Pintar yang terbuat dari Kardus Bekas yang di lapisi kain Flanel berbagai warna yang di dalamnya terdapat dua sisi yang diisi dengan kain flanel berbentuk kotak segi empat menyerupai bantal  yang salah satu sisinya dilengkapi berbagai bentuk huruf pengecoh dan  huruf b dan d, 2) Dalam permainan ini anak dibagi menjadi 4 kelompok tiap kelompok  terdiri dari 3 sampai 4 anak,Setiap anak bermain secara bergantian,3) Dalam permainan dengan media kotak pintar setiap anak akan di hadapkan pada beberapa macam huruf  dan  harus mampu mencari kotak segi empat yang masing-masing bertuliskan huruf b dan d, 4)Setelah anak mendapatkan huruf  b dan d anak akan mengamati dan memahami perbedaan bentuk huruf keduanya, 5) Anak menuliskan huruf tersebut menggunakan media loose part yang disediakan guru.

Kemampuan memahami perbedaan bentuk huruf merupakan salah satu hal yang sangat penting di ajarkan sejak usia dini.Menurut (Sujiono,2013) menyebutkan bahwa melalui permainan yang mereka lakukan, serta menyenangkan membuat anak semakin berminat untuk belajar mengenal huruf. Proses pemahaman huruf pada anak usia dini terletak pada  Media dan metode yang digunakan,apabila media yang digunakan  tersebut disenangi olah anak maka Anak akan mudah menyerap proses stimulasi yang diberikan oleh guru,dengan media yang sesuai untuk anak akan membantu proses stimulasi pada anak berjalan dengan baik.

Penulis, Mutiyah Mahanani, S.Pd Guru TK Pertiwi Girikulon Kec.Secang Kab.Magelang– Jawa Tengah

Related posts