Membudayakan Permainan Tradisional Untuk Anak Usia Dini Dengan “Sekolah Sore”.

Guru dan Siswa di TK IT Harapan, Brebes – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Sekolah sore dilaksanakan dalam rangka puncak topik permainan kesukaanku sub topik mainan tradisional, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Januari 2024 di TK IT Harapan Brebes untuk kelompok A pada pukul 15.30 WIB– 19.00 WIB. Kegiatan ini diikuti sebanyak 55 anak didik. Kegiatan ini diawali dengan penyambutan anak, berbaris, mengenalkan permainan tradisional, makan sore dengan prasmanan, sholat maghrib berjamaah dan doa penutup. Sehari sebelumnya guru menyiapkan beberapa tenda untuk menyemangati anak didik supaya bisa hadir pada sekolah sore. Orangtuapun menyambut baik dengan kegiatan sekolah sore ini.

Perkembangan  zaman yang semakin maju menjadikan beberapa hal mulai berubah ke segi yang lebih modern, seperti keberadaan permainan tradisional yang sudah mulai beralih ke permainan modern. Bahkan dengan adanya permainan modern tersebut, menjadi pilihan yang utama bagi orangtua untuk di berikan kepada sang buah hatinya (Anak) di era sekarang ini.

Memperkelankan Permainan Tradisional di TK IT Harapan, Brebes – Jawa Tengah

Memperkenalkan permainan tradisonal juga menjadi salah satu metode dalam melestarikan budaya setempat kepada anak, dengan begitu anak bisa mengetahui apa saja bentuk dari permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional yang dikenalkan pada kegiatan sekolah sore ini adalah engklek dan monopoli. Ada beberapa tujuan dan manfaat dari permainan tradisional ini antara lain:

Read More
  1. Meningkatkan kemampuan motorik. Dalam permainan ini dapat melatih keseimbangan pada aspek motorik halus dan kasar. Anak juga berlatih menggunakan kedua tangan dan kaki sebagai penyeimbang.
  1. Anak dapat memecahkan masalah. Anak mencoba menyelesaikan masalah yang timbul. Bermain engklek dan monopoli membuat anak belajar mengambil keputusan dan membuat strategi untuk menang dalam bermain.
  1. Ketrampilan sosial menjadi baik. Belajar interaksi dengan teman sebaya merupakan hal penting untuk ditanamkan pada diri anak. Kemudian anak dapat mengatasi konflik dalam bermain. Apalagi diera digital seperti sekarang ini, permainan tradisional ini juga dapat mencegah anak kecanduan gadget
  1. Mengembangkan aspek kognitif pada diri anak. Kemampuan kognitif dapat melatih kreativitas pada anak, melatih kemampuan dalam berbahasa, daya ingat dan pengetahuan, maka pada kemampuan ini harus di kembangkan sejak berusia dini.

Semoga informasi di atas bermanfaat, terimakasih.

Penulis, Siti Ngaisah, S. Pd Guru TK IT Harapan, Brebes – Jawa Tengah

Related posts