Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan di Alam Terbuka.

Kegiatan di Alam Terbuka TK Dharma Wanita Desa Jati Kec.Binangun Kab Cilacap – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Setiap anak memiliki perkembangan fisiknya berbeda-beda. Ada beberapa anak yang pertumbuhannya cepat dan ada beberapa anak yang pertumbuhannya lambat. Seiring dengan perkembangan fisik yang beranjak matang, perkembangan motorik anak sudah dapat terkoordinasi dengan baik. Setiap gerakannya sudah selaras dengan kebutuhan atau minatnya. Masa ini ditandai dengan kelebihan gerak atau aktivitas. Anak cenderung menunjukkan gerakan-gerakan motoric yang cukup gesit dan lincah. Oleh karena itu, usia ini merupakan masa yang ideal untuk belajar keterampilan yang berkaitan dengan motoric kasar .Anak-anak usia dini biasanya senang sekali bermain. Mereka tidak pernak kenal lelah dalam bermain. Hal itu dapat melatih kemampuan fisiknya.

Menurut Beaty kemampuan motorik kasar seyogianya dimiliki oleh seorang anak usia dini yang berada ada rentang usia 4-6 tahun, kompetensi tersebut terbagi menjadi 4 aspek yaitu, (1) berjalan dengan indicator berjalan turun/naik tangga dengan menggunakan kedua kaki, berjalan pada garis lurus dan berdiri dengan satu kaki (2) berlari, dengan indicator menunjukkan kekuatan dan kecepatan berlari, berbelok ke kanan/kiri tanpa kesulitan dan mampu berhenti dengan mudah (3) melompat, dengan indikator mampu melompat ke depan, ke belakang dan ke samping dan (4) memanjat, memanjat naik/turun tangga dan memanjat pohon.

Perkembangan fisik merupakan perkembangan yang signifikan bagi anak. Menurut Hurlock perkembangan fisik anak usia dini mencakup empat aspek yaitu:

Read More
  1. System syaraf, yang sangat berkaitan erat dengan perkembangan kecerdasan dan emosi,
  2. Otot-otot yang mempengaruhi perkembangan kekuatan dan kemampuan motorik,
  3. Kelenjar endokrin yang menyebabkan munculnya pola-pola tingkah laku baru.
  4. Struktur tubuh yang meliputi tinggi, berat, dan proporsi tubuh.

Dengan kegiatan aktifitas motoric kasar di alam terbuka anak menjadi lebih senang dan bebas melakukan kegiatan berbagai macam aktifitas sehingga dapat meningkatkan kemampuan motoric kasar anak dengan baik.

Penulis, Jumirah, S.Pd Guru TK Dharma Wanita Desa Jati Kec.Binangun Kab Cilacap – Jawa Tengah

Related posts