Tanamkan Seni Tari Pada Anak Usia Dini Dengan Kegiatan Pentas Seni Di Sekolah TK Negeri Pedesaan Mojoarum Kec. Gondang Kab. Tulungagung – Jawa Timur.

Kegiatan Pentas Seni di TK Negeri Pedesaan Mojoarum, Tulungagung - Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Penanaman Nilai Seni Tari kepada anak penting dilakukan sejak awal usia dini karena merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak untuk menjalankan pendidikan selanjutnya. Dalam penanaman nilai seni tari pada anak usia dini, dapat dilakukan melalui banyak cara atau kegiatan diantaranya melalui kegiatan rutinitas disekolah maupun dirumah.

Penanaman seni tari di sekolah TK Negeri Pedesaan Mojoarum Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung adalah melalui pembiasaan kegiatan ekstra tari setiap hari Sabtu. Seni tari adalah cara yang baik untuk mengajarkan rasa cinta terhadap budaya tari negara Indonesia. Pembelajaran seni tari untuk anak usia dini bertujuan untuk melatih motorik anak, melatih perkembangan kognitif, afektif, melatih perkembangan sosial emosi, komunikasi dan bahasa, melatih minat, bakat, dan kreativitas anak, menanamkan nilai-nilai pendidikan, nilai-nilai kemanusiaan, kepekaan estetis dan melestarikan budaya negara Indonesia.

Bentuk gerak untuk anak usia dini biasanya bersifat sederhana atau tidak terlalu sulit, lincah, dan ceria. Realitas gerak-gerak tersebut dalam tari dapat terwujud misalnya dengan bertepuk tangan atau melompat. Gerak tari dapat membantu meningkatkan kecerdasan kinestetik bagi anak usia dini, dimana gerak tari dapat memberikan penguatan konsentrasi, keluwesan serta keindahan gerak, tidak hanya dalam penguasaan kinestetik (psikomotor) saja melainkan dapat memberikan dan peluang keterampilan gerak tari yang diperoleh

Read More
Antusias AnakAnak Mengikuti Kegiatan Pentas Seni di TK Negeri Pedesaan Mojoarum, Tulungagung – Jawa Timur

Kemampuan fisik motorik anak usia 4-6 tahun melalui kegiatan seni tari semakin meningkat. Hal ini dikarenakan seni tari pada anak usia dini merupakan wadah kegiatan bermain dan untuk menyalurkan ekspresi anak dalam melakukan gerak yang sesuai dengan tingkatan usia anak.

Selanjutnya, manfaat dari gerak tari adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan perkembangan Fisik Motorik anak
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan.
  • Mental.
  • Meningkatkan aspek kognitif.
  • Menjadi kegiatan sosial.
  • Membantu meningkatkan suasana hati

Pada akhirnya, anak-anak mampu mengekspresikan gerak yang disertai dengan suara musik gamelan yang berirama tari untuk anak. Pentas seni mempunyai nilai yang sangat penting untuk membentuk pribadi peserta didik dalam mengenal dan menampilkan seni tari kepada masyarakat. Jika anak-anak dapat menampilkan seni tari terbaiknya, maka hal ini akan menjadi wujud suatu kearifan lokal yang baik di sekolah yang berimbas di kehidupan masyarakat pada umumnya.

Penulis, Riries Hesti Ningtyas, S.Pd Guru TK Negeri Pedesaan Mojoarum, Tulungagung – Jawa Timur

Related posts