Media Loost Part Mampu Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini.

Media looseparts yang digunakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bogoran, Bantul - Jogjakarta

RadarJateng.com, Pendidikan Loose part adalah media material lepas yang penggunaannya dapat beragam-ragam, artinya  bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara.

Tujuan pembelajaran dengan media bahan loose part adalah anak-anak akan menjadi lebih kreatif karena mereka bebas berkreasi membongkar pasang bahan loose part yang disediakan sesuai dengan imajinasi mereka. Menggunakan loose part di dalam maupun di luar ruangan dapat menstimulasi berbagai keterampilan perkembangan termasuk keaksaraan awal, matematika, permainan sensorik, seni dan perkembangan lainnya. Media loose part mudah ditemukan di lingkungan sekitar seperti botol bekas, kaleng bekas, bahan alam (batu, pasir, ranting, dll), kardul bekas, biji-bijian dll sehingga dalam penggunaanya mudah untuk dicari dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Antusias anakanak menggunakan media looseparts di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bogoran, Bantul – Jogjakarta

Dengan hadirnya media loose part di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bogoran sangat direspon baik oleh anak-anak. Anak-anak tidak merasa sedang distimulus perkembangan kognitif terutama dalam kemampuan berhitung. Biasanya dalam pengenalan berhitung hanya terbatas dengan Lembar Kerja Anak (LKA). Guru hanya memberikan kertas yang berisikan gambar kemudian anak-anak menghitung jumlah gambar yang ada di LKA tersebut.

Read More

Kegiatan pembelajaran menggunakan loose part ini sudah terbukti di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bogoran bahwa anakanak sangat antusias memainkan media itu. Anak mengekplorasikan idenya sesuai dengan idenya sendiri. Selain itu anak juga lebih mudah untuk belajar berhitung menggunakan benda – benda yang disediakan, contohnya anak mengambil potongan botol air mineral yang sudah ditempeli angka, kemudian anak isi dengan biji-bijian sesuai dengan angka pada botol. Setelah anak terlihat sudah selesai bermain, guru mengajak menghitung bersama isi biji yang ada di botol yang sudah anak pilih. Kegiatan menggunakan media loose part sangat membuat anak tertarik dan senang, sehingga anak tidak merasa bosan. Dalam kegiatan ini guru sangat berperan aktif dalam mendampingi kegiatan menggunakan loose part ini. Media loose part sangat efektif dalam pembelajaran anak usia dini karena sifat anak yang belajar sambil bermaian sangat cocok bila menggunakan media loose parts untuk belajar sambil bermain.

Penulis, Widi Widiyawati Purnamasari, S.Pd. Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bogoran, Bantul – Jogjakarta

Related posts