Pengembangan Kemampuan Kegiatan Renang Pada anak Usia Dini.

Pengembangan Kemampuan Kegiatan Renang Pada anak Usia Dini

RadarJateng.com, Pendidikan Tak hanya menyenangkan, faktanya berenang juga dapat memberikan sejumlah manfatat kesehatan bagia anak. Salah satunya manfaat tersebut adalah maningkatkan kesehatan fisik.

Salah satu kegiatan  fisik motorik yaitu gerakan renang yang sebagian besar disuakai oleh anak-anak. Aktivitas air diberikan sebelum anak mempelajari teknik gerak renang. Aktivitas akuatik dalam pengenalan air meliputi gerak dasar, sikap, dan keamanan air untuk mempersiapkan anak belajar teknik gerak renang. Gerak dasar yang dimaksud adalah pondasi gerak untuk belajar renang, yang terdiri atas cara masuk ke air, daya apung tubuh di air, gerakan tungkai, keseimbangan tubuh di air, gerak lengan, dan kontrol nafas. Sikap dasar yang dibentuk melalui aktivitas pengenalan air adalah berani, mematuhi peraturan, dan partisipasi aktif. Pemahaman dasar yang diharapkan dapat dicapai anak melalui aktivitas pengenalan air, yaitu pemahaman terhadap prosedur kelas, peraturan kolam renang, peraturan permainan, instruksi guru, dan pelaksanaan gerak dasar.

Pengembangan model gerak dasar renang dilengkapi dengan aturan keselamatan untuk memperkenalkan pada anak tentang cara aman bermain di air serta anak lebih percaya diri dan tidak takut dengan air. Model yang telah dikembangkan diharapkan memberikan referensi bagi guru tentang variasi model pengenalan air sehingga memudahkan guru mengaplikasikan model gerak dasar gerak dasar berbasis permainan dan meningkatkan rasa percaya diri pada anak untuk lebih berani bermain air di kolam renang . Guru diharapkan menyelenggarakan model dalam kegiatan belajar mengajar agar semua anak memiliki pengalaman bermain di air secara aman.

Read More

Dengan demikian pembelajaran fisik-motorik anak usia dini sebagai salah satu satu stimulus/ rangsangan kepada anak agar anak dapat bergerak aktif berdasarkan usia dan tahap perkembangannya. Rangsangan pertumbuhan dan perkembangan pada anak dapat dilakukan dengan bermain. Konsep permainan anak diterapkan dengan konsep permainan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk bergerak bebas. Konsep dari perkembangan model gerak dasar renang berbasis permainan air adalah menggunakan air sebagai salah satu alat/ media dalam proses permainan di paud.

Air digunakan sebagai media yang baik dalam merangsang perkembangan anak baik itu dalam membangun kepercayaan diri, keterampilan motorik, koordinasi mata tangan, dan meningkatkan kebugaran. Konsep dari pengembangan model ini adalah menggunakan alat-alat yang sederhana, yang tersedia di lingkungan sekitar. Misalnya penggunaan balon, bola-bola kecil, keranjang, pelampung, sponse, bendera, dan alat lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai peralatan, kemudian dikombinasikan dengan permainan yang akan dikembangkan.

Penulis, Ikhsanti Sobaria Tunisa, S.P.d Guru TK IBNU RUSYD, Kecamatan Cicurug-Sukabumi

Related posts