Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak dengan Menggunakan Media Loose Part di Taman Kanak-Kanak Islam Annas 1 Toddopulia Kec.Tanralili Kab. Maros – Sulawesi Selatan.

Ibu Rosdianti, S. Pd Guru TK Islam Annas 1 Toddopulia, Kec. Tanralili, Kab. Maros - Sulawesi Selatan

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun baik yang terlayani maupun tidak terlayani di lembaga pendidikan anak usia dini, anak usia dini juga merupakan sekelompok manusia yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Anak usia dini juga merupakan usia yang sangat berharga dalam pembentukan karakter diri individu, usia tersebut merupakan fase kehidupan paling unik karena pada masa tersebut pengetahuan anak berkembang dengan pesat sehingga kita sebagai guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada anak. Untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak seperi kemampuan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni  pada anak harus menggunakan media yang menarik dan dekat terhadap anak. Salah satu media yang cocok dan terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan pada anak usia dini tersubut  yaitu dengan menggunakan media loose part.

Antusias anakanak dalam menggunakan media loose parts.

Media loose part sendiri adalah media material lepas yang penggunaannya dapat beragam seperti dapat di pindahkan, dibawa, di gabung, di racang dan di pisahkan sesuai dengan keinginan anak ( Widyastuti,2022)

Read More

Jenis media Loose part yang bisa kita gunakan dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini yaitu seperti ranting, biji-bijian,tanah,air,batu-batuan,pasir,daun,pipet,manik-manik, tutup botol,kancing baju dan masih banyak lagi

Adapun manfaat dari media loose part  adalah

  • Anak-anak akan menjadi lebih kreatif dan imajinatif
  • Mendorong kemampuan komunikai dan negosiasi
  • Anak bebas berkreasi
  • Anak lebih senang dalam melakukan kegiatan
Bermain dan belajar bersama dengan media looseparts.

Media loose part  memiliki berbagai  kelebihan  yaitu meningkatkan tingkat permainan kreatif dan imanjinatif, mendorong anak untuk bisa menyelesaikan masalahnya, membantu anak untuk bisa mengajukan pertanyaan atau meningkatkan rasa ingin tahu anak, anak lebih aktif dalam melakukan kegiatan, media hemat dan mudah di dapatkan

Disini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan media loose part  dalam melakukan kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan anak dengan optimal karena mereka bebas berkreasi sesuai dengan imajinasinya.

Penulis, Rosdianti, S. Pd Guru TK Islam Annas 1 Toddopulia, Kec. Tanralili, Kab. Maros – Sulawesi Selatan

Related posts