Puluhan Anak TK Serbu BPBD Jateng,Belajar Mitigasi Bencana.

Anak-anak berasal dari TK Bina Amal, Kota Semarang Belajar mitigasi bencana di kantor BPBD jateng.

Radarjateng.com,SEMARANG  –  Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah tiba tiba ramai oleh puluhan anak. Bukan mengungsi, namun mereka belajar tentang mitigasi kebencanaan.

Bak mengukir di atas batu, bocah-bocah cilik itu antusias belajar berlindung saat ada gempa, menolong teman yang terluka, sampai memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Anak-anak yang berasal dari TK Bina Amal, Kota Semarang itu datang bersama guru. Setibanya di kantor BPBD Jateng, Jalan Imam Bonjol, Semarang Utara, mereka lantas dibawa menuju ruang aula, guna diperkenalkan mengenai apa itu kebencanaan.

Read More

Selanjutnya, mereka juga diperkenalkan tentang potensi bencana yang mungkin terjadi di Jawa Tengah. Di antaranya gempa bumi, hingga erupsi gunung.

Kepala Bidang Kebencanaan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Jateng, Wahjoedi Fajar mengatakan, inti dari kegiatan tersebut adalah edukasi kebencanaan. Meski masih bocah, mereka diajarkan nilai pertolongan kebencanaan.

“Agar nantinya bisa mengaplikasikan ilmu saat nanti terjadi bencana. Bisa menolong diri sendiri sebelum menolong temannya,” ujarnya, Kamis (31/8/2023).

Arsya, siswa TK Bina Amal menyebut, kegiatan tersebut seru. Meski seru dan terlihat seperti bermain, dia mengaku jadi mengerti prosedur saat terjadi bencana.

Guru pembimbing TK Bina Amal Semarang Tutik Haryanti mengaku, kegiatan itu sangat bermanfaat bagi murid-muridnya.

“Maka dari itu kami bekerja sama dengan BPBD Jateng, untuk mengenalkan edukasi terkait kebencanaan bagi siswa kami,” pungkasnya

 

Related posts