LPMK Karangroto Genuk Semarang Adakan Pengajian Umum Dalam rangka Sedekah Bumi.

LPMK Karangroto Genuk Semarang Adakan Pengajian Umum di Kelurahan Karangroto Dalam rangka Sedekah Bumi Jumat pon(16/06/23).

Radarjateng.com,SEMARANG – Lembaga Pemberdayaan Masyrakat Kelurahan (LPMK) Menyelenggarakan acara Sedekah Bumi atau Apitan. Acara tersebut juga sambillalu ada Pengajian Umum dengan tema ‘Mewujudkan keharmonisan hubungan masyarakat dengan alam sekitarnya’. Selaku pembicara Kh.Umar Syaifudin ,tempat di Kelurahan Karangroto Genuk pada Jumat pon(16/06/23).

Hal ini di benarkan oleh Waluyo Budi Utomo ST selaku Lurah Karangroto Genuk Semarang. Saat di wawancarai oleh awak media Waluyo mengatakan,’ Ya, kami mengadakan acara apitan atau sedekah bumi, syukuran bareng-bareng sama Rw sama Rt dan warga seKelurahan yang dipimpin doa oleh pak Kh. Umar ,menjaga wilayah agar wilayah Karangroto ini tetap kondusif aman,’ pungkasnya.

Waluyo juga menambahkan, ‘Mari kita guyub rukun, jaga keamanan desa kita bareng-bareng, kalau Lurah sendirian kan tidak sanggup, memang harus saling gotong-royong maju bersama warga,’tambahnya.

Di sisi lain Nasohah selaku ketua LPMK menjelaskan,’ Acara Sedekah bumi atau Apitan ini harus segera kita lakukan, karena jika di tunda-tunda nanti keburu lupa, mengingat sedekah bumi itu sangat penting demi kemaslahatan orang banyak, kususnya untuk melindungi keselamatan warga Karangroto, karena hal ini terkait dengan hal sakral yang memang harus diadakan sekali dalam setahun,’tuturnya.

Acara Sedekah bumi atau apitan ini, mengundang beberapa elemen yang melibatkan ketua Rw seKelurahan karangroto, ketua Rt seKelurahan karangroto, ketua TP Pkk kelurahan karangroto, ketua Fkk kelurahan karangroto, Babinkamtibmas kelurahan karangroto, Babinsa Kelurahan karangroto, Tokoh Agama, Ormas kelurahan karangroto dan lain sebagainya .

Acara di mulai pukul 19.30 wib di balai kelurahan karangroto. Seiring dengan berjalannya berbagai urutan acara dan sambutan, lalu Ngaji bersama penceramah terkenal asal kota Demak Kh.Umar syifudin.

Apitan atau Sedekah bumi semakin semarak dengan hadirnya penceramah yang lucu dan menghibur,dan pastinya warga masyarakat karangroto yang hadir pada acara tersebut mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Setelah penceramah selesai, seluruh peserta Acara bedah bumi makan bersama dan membawa pulang brokohan yang pastinya makanan yang sudah mengandung doa dari seorang kyai.

Acara apitan yang di laksanakan di kelurahan Karangroto Jl.Zaenudin raya ini sangat terbilang kompak, karena di lihat masing-masing Rw membawa 1 tumpeng dan 1 tikar, masing-masing Rt membawa 5 bungkus nasi, dan yang membawa foto copy KK ada kejutan gratis , yaitu ada pemberian kartu perdana simpati dari telkomsel yang ada isi kuota internetnya 3 GB. Keantusiasan warga kelurahan karangroto terlihat dan semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi sesuai dengan harapan ketua LPMK Nasohah dan Lurah karangroto Waluyo Budi Utomo.

Related posts