Manfaat Rumput Gajah Mini dan Cara Budidaya yang Baik

rumput gajah mini
Manfaat Rumput Gajah Mini dan Cara Budidaya

Rumput sebagai tanaman biasanya dianggap sebagai gulma. Akan tetapi, manusia sekarang banyak yang memanfaatkan rumput untuk kebutuhan lainnya. Sebagai contoh yaitu rumput gajah yang digunakan sebagai kebutuhan pangan bagi hewan ternak yang tentu tidak terlepas dari memberikan jenis rumput yang baik.

Pada kali ini kami akan membahas manfaat dan cara budidaya rumput gajah mini yang dapat kamu simak pada artikel ini.

Rumput Gajah Mini

Rumput sebagai sumber pakan hewan ternak saat ini semakin menjadi perhatian utama bagi peternak, mereka biasanya ingin hewan ternak mereka tumbuh dengan baik dan sehat sehingga biasanya mencari sumber pakan dengan kualitas terbaik.

Read More

Salah satu jenis rumput yang biasa digunakan dalam pertamanan dan pakan hewan ternak yaitu rumput gajah mini.

Rumput merupakan salah satu aspek penting dalam peternakan dan pertamanan, apabila Anda ingin memberi makan hewan ternak Anda pasti akan mencari tempat yang menjual rumput. Apabila Anda ingin memberi alas pada taman Anda juga menggunakan rumput.

Rumput gajah biasa digunakan karena memiliki kualitas yang baik. Anda mungkin akan mencari tempat yang jual rumput gajah setelah membaca artikel ini.

Anda bisa mendapatkan rumput gajah melalui pedagang atau tempat yang menjual berbagai kebutuhan pakan ternak atau membudidayakannya sendiri. Menanam rumput gajah sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Nah, dimana kah tempat yang bisa Anda dapatkan untuk rumput gajah? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Rumput Gajah Mini?

Rumput gajah atau nama latinnya Pennisetum purpureum merupakan salah satu jenis tanaman rumput-rumputan yang memiliki produktivitas serta kandungan zat gizi yang tinggi bagi hewan ternak. Rumput gajah merupakan salah satu jenis varietas dari rumput gajah.

Morfologi atau ciri-ciri dari rumput gajah sendiri secara umum yaitu bentuk tanaman yang rimbun, memiliki tinggi lebih dari satu meter, dan biasa digunakan sebagai penangkal angina bagi tanaman.

Alasan mengapa tanaman ini disebut rumput gajah mini adalah karena secara ukuran lebih kecil. Rumput ini memiliki tinggi serta panjang dan lebar daun yang lebih kecil dibandingkan rumput gajah (P. purpureum) pada umumnya.

Rumput gajah sangat fleksibel dan dapat hidup di berbagai tempat, tidak membutuhkan tanaman pelindung, responsif terhadap pemupukan yang diberikan, serta dapat hidup di tempat yang memiliki tingkat kesuburan tinggi.

Rumput gajah tumbuh secara merumpun dengan tipe akar serabut yang seragam atau kompak, dan akan terus menumbuhkan anakan jika dipangkas secara teratur.

Apa Saja Manfaat Rumput Gajah Mini?

Beberapa manfaat apabila Anda akan membeli rumput gajah dari tempat jual rumput gajah mini yaitu

1. Sebagai filter udara dari karbon dioksida

Seperti tanaman pada umumnya, rumput gajah juga melakukan proses fotosintesis dan respirasi untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Hal ini merupakan salah satu manfaat yang penting karena oksigen dibutuhkan oleh manusia sebagai sumber udara untuk bernafas.

Selain untuk bernafas, keberadaan tanaman yang menyerap karbon dioksida juga mengakibatkan keberadaan debu di lingkungan Anda berkurang. Apabila tidak banyak debu yang terdapat di sekitar udara Anda maka udara yang dihasilkan akan lebih bersih, selain itu tidak adanya debu juga bisa mengurangi kotoran pada benda seperti mobil, rumah, dan sebagainya sehingga benda-benda tersebut lebih bersih.

2. Sarana drainase dan penyerapan air

Tanah yang tertutup oleh tanaman yang rimbun biasanya lebih mudah dalam menyerap air, hal ini disebabkan karena tanaman membutuhkan air untuk hidup. Hal ini berbeda dengan jalan, aspal, ataupun tanah biasa yang tidak memiliki penyerapan dan airnya dibuang menuju saluran drainase buatan. Keberadaan tanaman pada suatu lahan bermanfaat untuk mengurangi debit air yang menuju saluran drainase.

Air yang terserap juga mencegah terjadinya pembludakan debit air yang pada suatu saat bisa mengakibatkan bencana seperti banjir ataupun longsor. Tanaman mampu mencegah aliran air mengalir dengan cepat dan menyebabkan pengikisan tanah. Serta memberi waktu bagi air hujan untuk meresap kembali ke dalam tanah.

3. Mengurangi Polusi Suara

Keberadaan rumput sebagai alas pada tanah dapat mengurangi suara yang berisik karena rumput bersifat lembut dan menyerap suara sehingga suara yang bising tidak saling memantul. Hal ini tentu saja berbeda dengan permukaan tanah yang keras seperti aspal atau beton dimana suara bisa memantul dan menyebabkan kebisingan berlebih. Rumput ini berfungsi sebagai panel insulasi bagi suara yang mengakibatkan suara terserap dan mengakibatkan lingkungan menjadi lebih tenang dan nyaman.

Budidaya Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini dapat dibudidayakan dengan menggunakan dua pola seperti pada umumnya. Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu secara monokultur dengan hanya menanam rumput gajah pada lahan tersebut, cara kedua yang dapat dilakukan yaitu menanam rumput gajah secara selang-seling dengan tanaman lain. Jarak antar barisan yang ideal untuk rumput gajah ini berkisar antara 50-100 cm.

Perkembangbiakan rumput gajah berlangsung secara vegetative. Tanaman ini dapat dipanen setelah berumur 70-80 hari. Ciri utama rumput gajah ini yang dapat dipanen yaitu ruas batangnya telah mencapai panjang 15 cm. setelah itu untuk usia panen berikutnya bisa berlangsung selama 35-45 hari pada musim hujan dan 40-50 hari di musim kemarau.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses budidaya rumput gajah ini yaitu tanaman ini tidak cocok apabila ditanam di lahan yang basah dan tergenang. Pastikan lahan yang digunakan kering dan subur. Selain itu, pastikan lahan budidaya tidak terlalu banyak memiliki tanaman yang rindang karena rumput gajah mini ini membutuhkan sinar matahari yang banyak setiap hari untuk pertumbuhannya.

Biaya Untuk Mendapatkan Rumput Gajah Mini

Untuk mendapatkan rumput gajah ini biasanya penjual akan melakukan jual rumput gajah mini per meter, karena dengan menjual rumput gajah ini per meter akan lebih mudah untuk menentukan harganya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada beberapa online shop, dapat diketahui bahwa harga rumput gajah mini per meternya berkisar mulai dari 20 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Perbedaan ini tentu saja karena perbedaan kualitas dan usia tanaman yang dijual. Apabila Anda tertarik untuk membeli rumput gajah ini, anda bisa membelinya di website Kebun Bibit Alamku Asri.

KB Alamku Asri juga menjual berbagai macam bibit dan tanaman besar seperti pohon pule, pohon tabebuya, ketapang kencana, dll.

Related posts