Meningkatkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Pop up Book.

Meningkatkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Pop- up Book.

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang diselenggarakan untuk pengoptimalan potensi anak melalui kegiatan pengembangan kemampuan yang menyeluruh dan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak serta diselenggarakn melaui jalur formal, nonformal, dan informal. Anak usia dini adalah sekelompok individu yang berada pada rentang usia 0-8 tahun dalam usia tersebut anak tumbuh dan berkembang secara pesat dalam berbagai aspek seperti moral, kognitif, fisik motorik, sosial, emosional, dan bahasa.

Salah satu aspek penting dari perkembangan kognitif anak adalah pembelajaran bahasa. Bacaan merupakan salah satu kemampuan kognitif yang terlihat saat pertama kali mengenal huruf. Kemampuan ini adalah salah satu yang menunjukkan kemampuan kognitif anak di banyak tingkatan. Tentu saja, ada tingkat hafalan, pemahaman, dan penerapan dalam membaca teks tertentu. Dalam meninggalkan perkembangan bahasa anak bisa melalui Media. Media yang menarik tidak selalu harus dibeli dengan harga yang mahal, akan tetai data dibuat atau dirangkai dengan menggunakan bahan yang murah dan efisien atau dapat dibuat dengan barang-barang bekas pakai, seperti kardus bekas, kertas kado bekas, huruf/angka pada  kalender bekas, dan lain sebagainya yang data digunakan. Seperti media yang satu ini yaitu media pop up book yang sangat mudah dibuat.

Alat dan bahan yang didigunakan : Gunting, Rol, Lem Fox, Klip buku, Kardus bekas, Kertas Jeruk Kerdas kado, Kotak susu SGM, Huruf abjad, Gambar-gambar penunjang untuk ditempel di pop up (tentang buah alukat, bunga,dll)

Read More

Cara Membuat Pop Up Book

  1. Potong kardus dengan pola seperti buku, ukurannya boleh sebesar buku majalah anak-anak.
  2. Lapisi kardus dengan kertas jeruk sesuai warna yang diinginkan dengan di lem dengan kem fox
  3. Susunlah kardus menjadi bentuk pop up buku dengan beberapa lembar
  4. Potong huruf pada kalender bekas atau huruf yang sudah diprint,
  5. Kemudian lapisi huruf dengan kertas tebal, agar mudah diberdirikan di pop up book
  6. Tempelkan huruf pada pop up book
  7. Berilah penyangga dibelakang huruf dengan kotak susu yang sudah dipotong sesuai dengan bentuk huruf.
  8. Tempelkan gambar-gambar untuk memperindah pop up book sesuai dengan tema yang dikenalkan.
  9. Balut atau sampulkan pop up book dengan kertas kado dan beri nama agar lebih menarik dan rapi.
  10. Pop up book siap digunakan
Meningkatkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Pop- up Book

Cara Menggunakan Pop Up Book

Pop  Up Book dapat digunakan dalam mengenalkan huruf apa saja atau dapat mengenalkan huruf tergantung dengan tema yang dipelajari. Contohnya kegiatan tema buah-buahan. Kita dapat mengenalkan macam-macam nama buah dengan gambar nya.

  1. Guru mengajak anak mengenal huruf dengan cara bermain
  2. Guru membuka pop up book perlahan
  3. Guru menanyakan kepada anak huruf apa yang muncul pada lembar pertama
  4. Anak menyebutkan huruf yang muncul
  5. Kegiatan diulang sampai lembar pop up book habis atau guru dapat menyuruh anak maju satu persatu untuk membuka pop up book dan menyebutkan huruf-huruf yang ada pada pop up book.

Kegiatan pengenalan huruf tersebut dilakukan dengan cara bermain. Tujuan dari penggunaan media ini yaitu untuk memudahkan anak dalam mengenal simbol dan bentuk huruf yang bertujuan untuk perkembangan keaksaraan awal dan bahasa anak usia dini sehingga proses pembelajaran yang terjadi menarik dan menyenangkan sesuai dengan tahapan perkembangan Anak Usia Dini.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Penulis, Elia Putri Islami S, Pd Guru TK Jasa Ibu, Kec. Baso Kab. Agam Sumatra Barat

Related posts