Mengembangkan Bakat Dan Minat Anak Dalam Kegiatan Bintang Al Irsyad Event di KB dan TK Islam Al Irsyad Kota Madiun

Lomba Bahasa Inggris

RadarJateng.com, Pendidikan Masa kanak-kanak merupakan masa dimana seseorang mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun potensi. Pada dasarnya, anak-anak memiliki berbagai potensi yang perlu dikembangkan sejak dini. Namun potensi tersebut perlu diberi rangsangan, bimbingan, bantuan, dan perlakuan yang sesuai agar dapat muncul dan berkembang secara optimal. Bimbingan yang dilakukan dapat berupa bimbingan orang tua, guru maupun bimbingan lewat kompetisi.

Pandemi Corona yang tengah merebak membuat kegiatan belajar dilaksanakan di rumah secara daring dan luring. Namun, tidak mengurangi semangat anak-anak untuk tetap berkarya sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki. Dengan adanya ekstrakurikuler di TK Islam Al Irsyad Madiun dapat mengasah bakat anak-anak sejak dini. Jika kemampuan itu terus diasah akan menjadikan potensi yang luar biasa.

Dengan demikian TK Islam Al Irsyad Madiun akan menyelanggarakan berbagai kegiatan perlombaan yang dapat merangsang dan meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan anak usia dini dalam acara “Bintang Al Irsyad Event”. Dengan perlombaan ini diharapkan pengembangan potensi anak semakin meningkat.

Read More

Pengembangan bakat dan minat ini bertujuan untuk :

  1. Menggali kreatifitas bakat dan minat yang dimiliki anak
  2. Meningkatkan potensi 6 aspek perkembangan anak (nilai agama dan moral, sosial emosional, motorik, kognitif, bahasa, dan seni)
  3. Memberikan pemenuhan kebutuhan anak, yaitu pendidikan yang berdasar pada minat, kebutuhan dan kemampuan
  4. Memberikan pengalaman berharga tentang kompetisi di masa Pendemi
  5. Menumbuhkan rasa percaya diri, toleransi, keakraban, dan saling menghargai

Kegiatan “Bintang Al Irsyad Event” dilaksanakan di TK Islam Al Irsyad Madiun yang beralamatkan di Jl. Diponegoro 112B, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun-Jawa Timur.  pada hari Senin, 29 Nopember 2021 s.d Jumat, 3 Desember 2021.

Peserta “Bintang Al Irsyad Event” diikuti oleh seluruh siswa KB dan TK Islam Al Irsyad Madiun (135 anak) yaitu terdiri dari Kelompok Bermain = 12 siswa, Kelompok A = 41 siswa dan Kelompok B = 101 siswa.

Adapun jenis lomba meliputi :

Lomba Menyanyi

Lomba menyanyi (Senin, 29 Nopember 2021)

Lomba Hafalan Surat

Lomba hafalan surah pendek (Selasa, 30 Nopember 2022)

  • Surah An Naas (Kelompok A)
  • Surah Al Lahab (Kelompok B)
Lomba Mewarnai

Lomba mewarnai (Rabu, 1 Desember 2021)

Lomba Menari

Lomba menari “Tari Kidang” (Kamis, 2 Desember 2021)

Lomba Bahasa Inggris

Lomba bahasa Inggris (Jumat, 3 Desember 2021)

  • Guessing Picture Competition (Kelompok A dan B)
  • English Speaking Competition (Kelompok Bermain)

Setiap anak adalah juara, dengan demikian diberikanlah penghargaan berupa kalung medali untuk semua peserta lomba dan piala beserta piagam untuk terbaik 1 s.d. 6 sebagai apresiasi terhadap hasil yang sudah dicapainya. Pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan menumbuhkan motivasi eksternal untuk lebih mengembangakan diri, sehingga anak akan lebih bersemangat dalam mengembangkan bakat dan minatnya.

ALUR LOMBA :

  1. Anak datang lewat pintu gerbang selatan disambut oleh guru
  2. Anak cek suhu dan cuci tangan
  3. Guru mengarahkan anak menuju aula atas
  4. Anak duduk di kursi yang disediakan
  5. Ikrar dan doa bersama
  6. Lomba dimulai (tempat menyesuaikan)
  7. Selesai anak mendapat medali di panggung
  8. Berkumpul kembali di panggung dan doa pulang
  9. Pengumuman TERBAIK 1 s.d 6 mendapatkan piala dan piagam
  10. Anak turun ke bawah, cuci tangan, pulang

 Alhamdulillah kegiatan Bintang Al Irsyad Event berjalan dengan baik dan lancar. Semoga dengan program ini bakat dan minat anak semakin berkembang dan sebagai bahan evaluasi untuk event selanjutnya.

Special Moment di hari Jumat, 3 Desember 2021 pada saat Lomba Bahasa Inggris mendapat kunjungan dari Ibu Sulih Pengawas TK Kec. Manguharjo.  Beliau sangat senang sekali dengan serangkaian kegiatan meskipun di masa pandemi dan mengapresiasi bakat anak-anak serta tim guru yang sangat luar biasa.

Penulis : Oki Oktaviasari, S. Pd Guru TK Islam Al Irsyad Madiun – Jatim

Related posts