Pentingnya Pembelajaran Inovatif Di Abad 21 Pada Anak Usia Dini .

Guru dan Murid TK Aisyiyah BA Nangsri, Karanganyar, Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 1 butir 14 pendidikan anak usia dini(PAUD ) diartikan sebagai : Suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pada usia ini anak berada pada masa keemasan / ‘golden age’. Masa inilah yang sangat potensial bagi anak dalam menerima  rangsangan untuk dapat mencapai perkembangan sesuai tahapan usianya. Perkembangan tersebut meliputi 6 aspek di antaranya aspek nilai agama moral, kognitif, fisik motorik, bahasa, sosioemosional dan seni.

Suasana Pembelajaran di TK Aisyiyah BA Nangsri, Karanganyar, Jawa Tengah

Dalam upaya mencapai perkembangan ke enam aspek tersebut diperlukan rangsangan/ stimulus dalam proses pembelajarannya yang meliputi sikap, sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Hal tersebut merupakan kompetensi yang harus dimiliki peserta didik.

Read More

Pada proses pembelajaran anak usia dini haruslah memperhatikan kebutuhan dan minat anak. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam keberhasilan tingkat pencapaian perkembangan anak tersebut. Disini guru dituntut untuk dapat melakukan proses pembelajaran  inovatif dengan kegiatan yang menyenangkan, kreatif dan berpusat pada anak, apalagi di tambah dengan tuntutan pembelajaran abad 21.

Suasana Pembelajaran di TK Aisyiyah BA Nangsri, Karanganyar, Jawa Tengah

Kegiatan inovatif disini yang di maksud adalah kegiatan yang pembelajaran yang dirancang oleh guru yang sifatnya baru tidak seperti biasanya dilakukan dan bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka proses perubahan prilaku kearah yang lebih baik sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siswa.

Sedangkan pembelajaran abad 21 adalah Pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan menuntun sekolah untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari teacher centred menjadi student centered. Hal ini sesuai dengan tuntutan masa depan dimana peserta didik harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar.

Penulis : Siti Qoriyah S.Pd Guru TK Aisyiyah BA Nangsri, Karanganyar, Jawa Tengah

Related posts