Bermain Menara Mobil Geometri Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun.

Bermain Menara Mobil Geometri Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia dini merupakan anak yang memiliki rentangan usia sejak anak lahir hingga usia enam tahun, dimana dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.

Jadi, masa usia dini merupakan masa yang tepat bagi anak untuk diberikan rangsangan dengan berbagai cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak melalui pendidikan untuk menumbuhkan dan mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak baik dari segi rohani ataupun jasmani.

Salah satu perkembangan yang harus di kembangkan yaitu perkembangan kognitif pada anak. Perkembangan kognitif merupakan perkembangan yang mengacu pada daya pikir anak melalui kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya menurut (Pudjiati dan masykouri, 2011 :6) kognitif dapat diartikan sebagai kemampuan belajar atau berpikir kecerdasan yaitu kemampuan untuk memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta keterampilan menggunakan daya ingat dan menyelesaikan soal-soal sederhana .

Read More
Bermain Menara Mobil Geometri Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun

Perkembangan kognitif sangat penting untuk anak usia dini karena merupakan aspek perkembangan yang menjadi salah satu tuntutan yang harus dipenuhi agar anak mampu berpikir secara kritis. Di samping itu perkembangan kognitif sangat mudah untuk diterapkan pada anak usia dini. Yakni, melalui kegiatan bermain, yang pada dasarnya pendidikan anak usia dini adalah bermain sambil belajar. Maka dari itu, permainan yang mudah untuk dilakukan terhadap anak adalah bermain menara mobil geometri.

Menara mobil geometri adalah menara mobil geometri yang berbentuk mobil agar anak semakin tertarik dalam mengikuti kegiatan bermain menara geometri. Manfaat menara mobil geometri yaitu anak mampu mengolah daya pikir nya dalam memasukkan balok sesuai jumlah lubang pada balok tersebut. Selain itu anak mampu mengenal warna serta bentuk selain itu, anak mampu untuk mengkoordinasi mata dan tangan.

Terimakasih semoga bermanfaat untuk semuanya yaa….

Penulis : Suhrotul Mutmainnah, S.Pd.Aud, TK ABA 11 MODUNG, Desa Patereman, Kec.Modung , Kab. Bangkalan Madura

Related posts