“Media Busy Book untuk Mengenalkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini”.

Media Busy Book untuk Mengenalkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini

RadarJateng.com, Pendidikan Anak Usia Dini adalah sosok individu yang sedang menjalani proses perkembangan yang sangat pesat terutama dalam menerima informasi dan aktif dalam melakukan berbagai gerakan. Di lihat dari standar STTPA Permendikbud No 137 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun sudah mampu untuk menunjukkan berbagai kemampuan perkembangan fisik motorik halus seperti (1) membuat garis, (2) menjiplak, (3) mengoordinasikan gerak mata dan tangan.

Adapun faktor yang menjadi penyebab masih rendahnya kemampuan motorik halus anak yaitu strategi pembelajaran kurang tepat dan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik. Menurut teori montesori yaitu bahwa kegiatan bermain yang di berikan kepada anak harus berkaitan erat pada kehidupan sehari – hari anak, tujuannya agar dapat meningkatkan kemampuan fisik dan kemandirian anak dalam problem solving terhadap dirinya sendiri.

TK Desa Kedungjati , Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun – Jatim Menggunakan Media Bussy Book

Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa hasil produk media busy book termasuk dalam kriteria efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran baik kelompok maupun individu. Kegiatan di dalam busy book sangat banyak dan bervariasi, sehingga anak tidak mudah bosan melakukan kegiatan tersebut, dan secara tidak sadar anak telah melatih motorik halusnya dengan bermain busy book.

Read More
Media Busy Book untuk Mengenalkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini

Beberapa kegiatan bermain yang ada di dalam busy book yaitu memasangkan angka, menganyam, mengancingkan baju, puzel buah, mengikat sepatu, mengenal bentuk, kolase, resleting pelangi.

Cara membuat busy book :

  • Siapkan kain flanel (berbagai macam warna)
  • Siapkan manik -manik yang akan di mainkan (kancing baju, resleting, manik -manik warna, benang wol, perekat dan pola)
  • Siapkan pula lem tembak
  • Gunting kain flanel sesuai dengan keinginan lalu jahit menjadi buku
  • Tempelkan beberapa kegiatan yang dapat melatih motorik halus anak
  • Gunakan pola jika diperlukan.

Cara penggunaannya yaitu :

  • Guru/ orang tua menunjukkan busy book
  • Guru/ orang tua memberikan contoh cara bermain busy book
  • Anak mencontoh dan maju satu persatu untuk melakukannya

Tujuan dari penggunaan media ini adalah untuk melatih perkembangan motorik halus anak dalam mengoordinasikan gerak mata dan tangan melalui penerapan bermain menggunakan media busy book.

Penulis : Siti Fauziah, S. Pd, TK Desa Kedungjati , Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun – Jatim

Related posts