Peran Orang Tua Untuk Menanamkan Semangat Rasionalisme Dan Berpancasilais Sejak Usia Dini.

Pawai Hari Merdeka TK Bunda, Tonjung Burneh, Bangkalan Madura Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Sumber  : RPPM, Kelas : PAUD, Mapel : tematik negaraku “cinta tanah air”

Paud bunda tonjung Burneh Bangkalan Madura melaksanakan pawai kemerdekaan ibu dan anak dengan tema bersama merajut kebersamaan , kekompakan menguatkan keluarga besar paud Bunda. Anak anak sangat menyukai perayaan hari kemerdekaan karena  diadakan setiap tahunnya pada bulan Agustus , ada berbagai lomba, pawai dan makan bersama. Untuk itu paud bunda mengadakan pawai bersama orang tua menyusuri lingkungan sekitar perumahan, dengan memakai baju tema kemerdekaan.

Dengan diadakan kegiatan bertema negaraku sub tema hari kemerdekaan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme anak, pancasilais berkarakter sejak usia dini,anak paud bunda yang terdiri dari KB dan TK sangat senang dan gembira Melaksanakan pawai apalagi didampingi orang tua, peran  langsung orang tua juga terlibat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme.

Read More

Adapun dalam memeriahkan kemerdekaan negara republik Indonesia dirgahayu yang ke 77 bukan hanya pawai  saja tetapi kami melakukan kegiatan seperti pemberian hadiah untuk pemenang dengan kostum terbaik sesuai dengan tema kemerdekaan yaitu kostum anak dan ibu.

TK Bunda, Tonjung Burneh, Bangkalan Madura Jawa Timur

Serta memberi doorprize bagi anak anak…sebagai penghargaan pantang menyerah mereka dalam mengikuti pawai. Mengajarkan arti kemerdekaan kepada anak usia dini perlunya keterlibatan orang tua secara langsung sehingga anak mempunyai karakter cinta tanah air yang mana sudah diterapkan dari rumah  sehingga tercipta kerjasama antara guru dan orang tua.

Adapun kegiatan kegiatan yang dapat dilakukan bersama orang tua selain pawai diatas adalah ;

1. Mengajak anak memasang bendera

Jika kita dan anak sedang memasang bendera orang tua  bisa sambil menjelaskan, misalnya : “ini adalah bendera kita, bendera Indonesia. Merah artinya berani dan putih artinya suci…..”. Untuk anak yang lebih kecil berikan penjelasan yang singkat dan tidak terlalu berat.

2. Ikut berpartisipasi

Ajak anak untuk ikut berpastisipasi dalam mengikuti lomba-lomba yang biasanya diadakan di acara Agustusan, seperti lomba makan kerupuk, memindahkan bendera, dan lain-lain. Selain menyenangkan, ternyata dengan mengikutsertakan anak dalam mengikuti perlombaan bisa membangun rasa percaya dirinya dan mengajarkan anak tentang sportifitas. Serta pada tiap-tiap lomba sebenarnya mengandung makna dan filosofinya masing-masing seperti lomba makan kerupuk yang bermakna betapa rakyat Indonesia yang kesulitan pangan, sandang dan pangan saat di masa penjajahan. Tetapi karena saat ini untuk kegiatan lomba – lomba untuk memeriahkan HUT RI yang melibatkan kerumunan ditiadakan, , maka pada kesempatan ini orang tua bisa mengadakan lomba dengan sederhana : lomba mengisi air dalam botol, lomba pindah bendera dengan melibatkan saudara atau teman sejawat yang dekat rumah, atau bisa juga lomba bersama orang tua.

3. Mengajak anak menonton upacara bendera

Orang tua bisa  manfaatkan kesukaan anak akan menonton televisi dengan mengajak anak menonton upacara 17 Agustus. Anak akan melihat pasukan pengibar bendera dan upacara yang dihadiri Presiden dan Wakil Presiden,  orang tua juga bisa menjelaskan bahwa pasukan pengibar bendera itu ada yang membawa bendera yang akan dikibarkan ada yang membawa bendera pusaka yang dijahit oleh Ibu Fatmawati. Banyak sekali penjelasan yang bisa  diberikan ke anak sepanjang acara upacara bendera itu berlangsung misalnya siapa Ibu Fatmawati, bagaimana susahnya menjadi pasukan pengibar bendera, juga betapa bersyukurnya kita sebagai bangsa yang merdeka, dan menanamkan rasa bangga dan cinta bangsa pada anak.

4. Bercerita tentang Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Orang tua juga bisa mengajak Aanak.untuk mengobrol  / bercerita  tentang kisah kemerdekaan RI atau tentang pahlawan Indonesia  dengan bahasa yang sederhana , bahasa yang mudah dimengerti anak.

Peran Orang Tua Untuk Menanamkan Semangat Rasionalisme Dan Berpancasilais Sejak Usia Dini

5. Menyanyikan Lagu-lagu perjuangan/ lagu nasional

Dengan memperkenalkan lagu-lagu perjuangan / lagu lagu nasional dan menyanyikannya bersama mengajarka anak-anak paham akan arti kemerdekaan itu sendiri.

6. Menonton Film-film Kemerdekaan

Ajak anak menonton fim-film sejarah dan perjuangan untuk memperkuat pengertian arti kemerdekaan pada anak-anak

Dengan mengenalkan arti kemerdekaan dan sejarah kepada anak  sejak dini, maka akan tumbuh rasa cinta berjiwa nasionalisme, Pancasilais sehingga anak mempunyai karakter cinta tanah air dan tau  bagaimana perjuangan dalam meraih kemerdekaan, sehingga ia akan merasa bangga dan terus ingin menjaga kemerdekaan  dan kesejahteraan bangsa.

Dan anak hebat orang tua terlibat.

Merdeka.

Penulis : Novianti S.Pd, TK Bunda, Tonjung Burneh, Bangkalan Madura Jawa Timur

Related posts