Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Sensory Path Karpet Playmat Gross Motor Skill.

Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Sensory Path Karpet Playmat Gross Motor Skill

RadarJateng.com, Pendidikan Usia dini ini merupakan masa keemasan dalam perkembangan otak anak sehingga Si Kecil harus diberi rangsangan atau stimulus yang tepat. Oleh karena itu, orangtua wajib memahami karakteristik anak usia dini demi memastikan anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Karakter anak tidak bisa digeneralisir, terdapat beberapa hal standar yang menjadi karakteristik anak usia dini. Karakteristik yang dikelompokkan berdasarkan usia ini melihat perkembangan anak secara keseluruhan, mulai dari segi fisik hingga kemampuannya berkomunikasi.

Salah satunya adalah perkembangan fisik motorik kasar, merupakan perkembangan gerak yang meliputi keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh. Seperti merangkak, berjalan, melompat, atau berlari. Biasanya yang berkembang pertama kali adalah kemampuan motorik kasar, baru motorik halus. Perkembangan motorik kasar untuk anak usia TK antara lain melempar dan menangkap bola, berjalan di atas papan titian (keseimbangan tubuh), berjalan dengan berbagai variasi (maju mundur di atas satu garis), memanjat dan bergelantungan (berayun), melompati atau merangkak, dan sebagainya.

TK IT AL Furqon, Kec. Rantau Utara Kab. Labuhanbatu – Sumatera Utara

GROSS MOTOR SKILLS (MOTORIK KASAR)

Read More

Permainan edukasi yang dapat melatih Motorik Kasar Anak, agar anak tetap semangat dan ceria, tidak jenuh dirumah dan tidak selalu main gadget, cocok juga untuk media bermain anak Paud dan TK.

Anak akan bermain mulai dari main :

1.engkle (hopscotch)

2.tumit ketemu jari (toe to heel)

3.lompat kodok (jump)

4.berjalan jinjit (tiptoe)

5. Lompat salah satu kaki bergantian (hop)

6. Lompat kedua kaki bersamaan (jump)

7. Jalan menyerupai kepiting (crab crawl) jongkok ada aktifitas tangan juga

Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Sensory Path Karpet Playmat Gross Motor Skill

Gross Motor Skills atau Keterampilan Motorik Kasar adalah kemampuan mengkoordinasi gerakan otot-otot besar yaitu tangan, kaki dan keseluruhan anggota tubuh. Guru menjelaskan kepada anak langkah bermain dengan beberapa  variasi gerak dari START sampai FINIS.

Untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar, anak TK IT AL FURQON  diarahkan untuk melakukan kegiatan yang menggerakkan seluruh tubuh terutama lengan dan tungkai. Permainan dan olahraga secara berkelompok atau massal adalah kegiatan yang dilakukan  untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan berani , percaya diri serta mampu menerapkan budaya antri saat kegiatan main dan aspek sosial anak juga terbangun dengan baik, Anak menjadi lebih tertarik dan gembira saat diajak bermain dengan kegiatan tersebut.kemudian anak dapat mengenal lebih banyak  jenis gerakan-gerakan didalam permainan sensory Path dengan menggunakan Karpet Playmat Gross Motor Skill.

Penulis : Afnida Purnama Hasibuan.S.Pd. TK IT AL FURQON Kab. LABUHANBATU Kec Rantau Utara. Prop. Sumatera Utara

Related posts