Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bola.

Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bola di TK SWASTA AL-MUTTAQIEN, Kel. Titi Rantai Kec. Medan Baru

RadarJateng.com, Pendidikan Perkembangan fisik sangat berkaitan erat dengan perkembangan motorik anak. Motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan-kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, dan otak. Perkembangan motorik meliputi motorik kasar dan halus. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar, atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri.

Kemampuan motorik kasar yang dimaksud dalam penelitian ini berkaitan erat dengan gerak dasar dalam pedoman observasi dan evaluasi gerak dasar menurut Suherman (2008:4-8) yaitu: (1) berlari yang mempunyai komponem gerak dasar meliputi: tungkai dari samping, lengan, tungkai dari belakang, (2) melompat yang mempunyai komponen gerak dasar meliputi lengan, tungkai dan paha, (3) melempar yang mempunyai komponen dasar meliputi: lengan, tungkai dan kaki, (4) menangkap yang mempunyai komponen gerak dasar meliputi; kepala, lengan, dan tangan., dan (5) menendang yang mempunyai komponen gerak dasar meliputi: lengan, dan tungkai.

TK SWASTA AL-MUTTAQIEN, Kel. Titi Rantai Kec. Medan Baru

Cara belajar anak usia dini melalui kegiatan bermain,  Melalui kegiatan bermain, semua aspek perkembangan anak ditumbuhkan sehingga anak-anak menjadi lebih sehat sekaligus cerdas. Saat bermain, anak-anak mempelajari banyak halpenting. Sebagai contoh, dengan bermain bersama teman, anak-anak akan lebih terasah rasa empatinya, mereka juga bisa mengatasi penolakan dan dominasi, serta bisa mengelola emosi.

Read More

Dengan kegiatan Bermain banyak sekali memberikan manfaat kepada anak usia dini, terutama pada proses tumbuh kembang yang ada pada diri anak usia dini. Kegiatan bermain dapat memberikan manfaat secara fisik karena bermain dianggap sebagai aktivitas yang dapat menggerakkan badan anak salah satunya adalah perkembangan motorik kasar anak. Bermain juga dianggap sebagai kegiatan yang menyalurkan kegemaraan atau kesukaan yang dimiliki sehingga bermanfaat dalam menjadi sebuah proses relaksasi yang akan membantu perkembangan sosial emosional anak.

TK SWASTA AL-MUTTAQIEN, Kel. Titi Rantai Kec. Medan Baru

Pada umumnya anak usia dini perlu mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, dengan cara bermain bola. Bermain bola bisa dilakukan dengan cara mendang bola, menangkap bola, mengoper bola dengan tangan, memasukan bola ke keranjang, dll.

Langkah -langkah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain bola

  1. Anak melakukan gerakan Guru untuk pemanasan dengan cara melompat -lompat, berlari-lari kecil
  2. Anak mendengarkan Guru memberikan arahan kepada anak-anak untuk menangkap bola
  3. Setelah itu setiap anak menangkap bola yang di instruksikan oleh guru
  4. Anak melakukan kegiatan menendang bola
  5. Anak melakukan kegiatan mengoper bola dengan tangan

Penulis : Sahrani Anggraini, S.Pd, TK SWASTA AL-MUTTAQIEN, Kel. Titi Rantai Kec. Medan Baru

Related posts